Bank Kustodian, Pengertian Serta Penjelasannya

0
(0)

Ada banyak istilah dalam investasi reksadana yang harus diketahui seperti bank kustodian. Istilah tersebut berhubungan dengan keamanan berinvestasi. Setiap pelaku investasi berhubungan dengan hal itu agar mereka terhindar dari resiko terjadinya penipuan dan penggelapan.

Kustodian berhubungan dengan manajer investasi. Keduanya saling berkesinambungan dalam urusan penyimpanan dan keamanan dana dari orang-orang. Apa hubungan serta pengertian dari bank tersebut? Berikut penjelasannya.

Apa itu bank kustodian dan fungsinya?

Bank kustodian adalah sebuah bank yang mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan Indonesia atau OJK untuk menjalankan fungsi kustodian atau penyimpanan dan bekerjasama dengan manajer investasi untuk keperluan administrasi, penjagaan dan pengawasan aset raksasa dana.

Baca juga: Cara bermain saham dengan modal kecil, hanya 100 ribuan!

Untuk Reksadana, bank kustodian memiliki beberapa kewajiban seperti menghitung nilai aktiva bersih dari reksadana dan pencatatan transaksi aset reksadana. Pada umumnya, pelaku investasi reksadana yang berminat untuk berinvestasi akan mengirim sejumlah dana ke rekening kustodian tersebut. Setelah itu, manajer investasi akan mengolah dana sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demi alasan keamanan, manajer investasi atau investor tidak boleh memiliki hubungan dengan kustodian. Hal ini untuk menghindari adanya kemungkinan terjadinya nepotisme atau hal lainnya yang dapat merugikan pihak tertentu.

Apa bank kustodian yang cocok untuk saya?

Saat memilih investasi reksadana, Anda tidak hanya memilih jenisnya tapi, manajer investasi dan bank kustodiannya juga. Manajer investasi berlaku sebagai pihak yang mengelola dana Anda serta kustodian akan menjadi wadah untuk menyimpan serta melakukan serangkaian proses untuk dana yang Anda miliki.

Baca juga: Investasi anak muda: action figure

Untuk itu, pemilihan reksadana yang tepat tidak hanya berfokus pada hal-hal itu saja. Anda perlu merencanakan rencana yang tepat dalam memilih investasi serta kustodian yang tepat. Dengan begitu, keamanan dan keuntungan dari reksadana yang Anda pilih dapat terjamin.

Hal terpenting dalam memilihnya adalah, Anda bisa melihat hal apa saja yang terkandung dalam ketentuan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui tentang apa yang akan Anda dapatkan dan juga hal yang harus dipatuhi. Selain itu, cek juga persyaratan lainnya yang dibebankan oleh setiap bank kustodian.

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer