Belajar Investasi: Emas vs Perhiasan, Mana Yang Oke?

0
(0)

Dalam edisi kali ini, Duitku.org akan menyajikan topik belajar investasi mengenai perbandingan akan 2 jenis investasi yang cukup populer, emas dan perhiasan. Emas populer di mata banyak orang dan peminatnya banyak. Tidak hanya emas, perhiasan juga diminati karena memiliki nilai jual yang tak kalah tinggi dengan emas.

Banyak orang lebih memilih untuk berinvestasi disini karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Emas dan perhiasan cenderung stabil dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi dari tahun ke tahun.

Baca juga: Investasi emas digital: aman atau tidak?

Ada perbedaan yang cukup mencolok antara emas dan perhiasan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum berinvestasi, Anda harus tahu keduanya agar mendapatkan informasi tentang hal itu.

Perhiasan bisa dipakai tapi emas tidak bisa

Urusan fashion, perhiasan jelas lebih unggul ketimbang emas karena, bisa dipakai untuk acara-acara tertentu. Perhiasan biasanya berbentuk gelang, kalung, cincin, dan lainnya sehingga bisa menjadi pemanis penampilan bagi semua orang terutama wanita.

Dibandingkan perhiasan, emas kurang pas untuk dipakai karena berbentuk batangan dan besar. Meski tergolong remeh, hal ini membuat perhiasan jauh lebih unggul karena memiliki fungsi yang lebih dan bisa dibawa kemana saja.

Nilai jual, emas lebih tinggi

Emas memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada perhiasan. Perhiasan harus melalui proses pembentukan sesuai dengan jenis pemakaiannya. Sedangkan, emas tidak perlu dibentuk dan berbentuk kotak batangan.

Baca juga: Investasi emas di pegadaian dan caranya

Harga emas batang dari bulan Februari hingga Juni juga bagus dan cenderung stabil dan membuat minat pasar sangat tinggi. Harga pasaran emas mulai turun pada bulan Agustus namun, penurunannya tidak terlalu drastis.

Penyimpanan: Perhiasan lebih mudah

Perhiasan tidak membutuhkan tempat yang besar untuk menyimpannya. Biasanya, Anda akan mendapatkan kotak perhiasan ketika membelinya. Anda bisa menyimpannya dalam lemari atau tempat lainnya.

Emas membutuhkan brankas atau tempat yang besar karena berbentuk kotak batangan. Selain itu, emas juga tidak bisa disimpan sembarangan karena berbahaya dan bisa dirampok sehingga, orang-orang perlu lebih hati-hati dalam menyimpan barang yang diinginkan.

Kesimpulan belajar investasi

Jika dilihat, perhiasan tergolong barang yang mudah disimpan dan bisa digunakan untuk keperluan tertentu. Karena itu, Anda bisa memanfaatkan hal itu untuk mempercantik penampilan jika dibutuhkan.

Namun, ada juga hal penting lainnya, nilai jual. Jika Anda mengincar nilai jual yang tinggi maka, Anda bisa membeli emas. Tapi, Anda harus mengatur tempat penyimpanannya agar aman.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer