Tidak Investasi, Warren Buffet: Berkshire Hathaway Masih Wait and See

Tidak Investasi, Warren Buffet: Berkshire Hathaway Masih Wait and See

0
(0)

Pada Sabtu (02/05/2020), Berkshire Hathaway, perusahaan yang dipimpin oleh Warren Buffet tersebut mengadakan company’s annual shareholder meeting. Dalam pertemuan tersebut, Buffet menegaskan bahwa, mereka belum melakukan investasi dengan membeli perusahaan karena, belum ada yang menarik.

Dilansir dari CNBC, Berkshire masih mencatatkan uang cash dan instrument keuangan sebanyak $137 milyar. Lantas, mengapa Berkshire tidak bergerak sebagaimana mestinya? Apakah wabah COVID-19 turut mempengaruhi keputusan Buffet?

Berkshire Hathaway memilih untuk menunggu

Dalam pertemuan tersebut, Warren Buffet menambahkan bahwa perusahaan masih melihat situasi. Situasi yang sekarang bisa berubah dengan cepat atau tidak sama sekali. Dengan begitu, Berkshire memutuskan untuk tidak melakukan pergerakan.

Baca juga: Investasi saham untuk pemula, apa dan bagaimana? 

Para pemegang saham menunggu keputusan dari Buffet. Mereka berharap agar Buffet dapat menggelontorkan sejumlah dana untuk melakukan investasi. Pergerakan saham menunjukkan perubahan drastis semenjak COVID-19 merebak. Harga saham dari sejumlah perusahaan mengalami penurunan besar. Momen ini dinilai tepat bagi sejumlah perusahaan untuk melakukan pembelian.

Sebelumnya, momen tersebut dimanfaatkan oleh Buffet untuk melakukan pembelian saham. Pada tahun 2008, ia melakukan pembelian saham pada Bank Amerika dan Goldman Sachs. Krisis 2008 membuat sejumlah bank turun dan menjadi momen yang dimanfaatkan sejumlah investor untuk melakukan pembelian saham.

Tidak membeli bukan berarti pasif

Menurut Warren Buffet, tidak membeli bukan berarti bahwa mereka bergerak secara pasif. Mereka mau saja untuk membeli perusahaan. Sebagai contoh, mereka tetap terbuka dengan penawaran dari siapapun, meskipun nilainya besar, $30, $40, atau $50 milyar.

Baca juga: Return saham, definisi dan cara mendapatkannya

Jika mereka tertarik, maka mereka akan melakukan pembelian. Tapi, Buffet menegaskan bahwa mereka belum melihat peluang yang menarik. Untuk itu, Buffet lebih memilih untuk wait and see peluang yang ada sehingga, ia bisa menganalisis pergerakan yang terjadi.

Semenjak awal tahun 2020, wabah virus COVID-19 telah menyebar dari Wuhan hingga ke seluruh dunia. Hal tersebut menyebabkan krisis hebat yang melanda sejumlah negara. Pergerakan pasar saham pun cenderung melambat karena adanya virus ini. Para investor memilih untuk menarik saham mereka, sembari melihat keadaan yang sedang berlangsung untuk saat ini, termasuk Berkshire Hathaway dibawah pimpinan Warren Buffet.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer