Investasi Obligasi, Apa Keuntungan dan Bagaimana Cara Membelinya?

0
(0)

Ada banyak jenis investasi yang sedang populer di Indonesia seperti, reksa dana, saham, emas, dan investasi obligasi. Jenis yang terakhir tergolong sebagai jenis investasi yang kurang populer jika dibandingkan dengan 3 jenis yang pertama.

Meski demikian, obligasi memiliki nilai keuntungan yang sangat besar jika dibandingkan dengan deposito. Menurut Moneysmart.id, nilai obligasi ORI015 (Obligasi Ritel Indonesia) mencapai 17,6 triliun Rupiah pada tahun 2018.

Tingginya nilai ORI015 membuktikan minat masyarakat untuk berinvestasi obligasi sangat tinggi. Lantas, apa itu dan bagaimana cara meraup keuntungan dari obligasi?

Baca juga: Peluang investasi properti di tahun 2019

Apa itu obligasi?

Pertama, kita akan membahas pengertian dari obligasi. Banyak yang mengaitkan obligasi dengan hutang dan piutang. Sebenarnya, tidak salah tapi, hal itu kurang tepat. Obligasi adalah surat utang berjangka yang diterbitkan oleh negara atau perusahaan dalam jangka waktu 1 – 10 tahun.

Obligasi berbentuk surat perjanjian yang berisi besaran pinjaman, tanggal jatuh tempo, dan kupon. Selain itu, ada informasi tambahan mengenai nama pembeli atau pemilik dari surat tersebut. Dengan memiliki surat perjanjian itu, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Jika kamu punya surat obligasi dari negara atau perusahaan maka, perusahaan atau negara berhutang kepada kamu dan wajib membayar obligasinya sesuai dengan besaran pinjaman serta membayar uang sesuai dengan kupon yang ada.

Obligasi juga bisa menjadi cara yang efektif bagi pemerintahan untuk menghimpun dana dari masyarakat. Biasanya, mereka akan menjual surat obligasi kepada masyarakat dan dana yang terkumpul akan digunakan untuk pembangunan.

Jenis-jenis investasi obligasi

Investasi obligasi terbagi kedalam beberapa jenis. Jika digolongkan sesuai dengan penerbitnya, ada 3 jenis obligasi yakni:

  • Corporate bonds atau Obligasi perusahaan adalah surat obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan BUMN atau swasta.
  • Government bonds atau Obligasi negara adalah surat obligasi yang diterbitkan oleh negara. ORI adalah salah satu contoh dari obligasi tersebut.
  • Municipal Bonds atau Obligasi daerah adalah surat obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah daerah.

Baca juga: Investasi bodong dan bagaimana cara menghindarinya?

Keuntungan dan kekurangan investasi obligasi

Dalam menjalankan investasi obligasi, ada keuntungan dan kekurangan yang bisa dilihat. Mari kita bahas keuntungan yang bisa didapatkan.

  • Kita akan mendapatkan kupon secara berkala. Kupon tersebut akan diberikan dalam jangka waktu tertentu mulai dari setiap bulan, 3 bulan sekali dan 6 bulan sekali. Ada 2 jenis kupon yang ada dalam bisnis ini seperti kupon tetap/fixed coupon dan kupon mengambang/variable coupon.
  • Ada capital gain yang bisa dijadikan keuntungan bagi kamu saat menjual surat obligasi yang kamu miliki. Sebagai contoh, kamu membeli obligasi senilai 100% di awal. Tahun depan, nilai obligasi naik menjadi 120%. Selisih 20% tersebut menjadi capital gain dan dikonversikan menjadi keuntungan yang didapat oleh si pemegang surat obligasi tersebut.
  • Obligasi bisa dijadikan agunan atau jaminan. Karena itu, kamu bisa menaruh obligasi sebagai jaminan jika ingin meminjam uang di bank.

Jika kita sudah membahas mengenai keuntungan yang didapat, saatnya kita melihat apa saja kekurangan dari obligasi.

  • Harga obligasi bisa berubah-ubah karen bergantung pada suku bunga. Jika suku Bunga tinggi maka, harga obligasi yang ada akan menjadi semakin tinggi.
  • Jika menjualnya di waktu yang tidak tepat maka, harga obligasinya akan menurun sehingga, kamu akan merugi.
  • Obligasi beresiko gagal bayar sehingga, uang yang menjadi dana obligasi akan hangus termasuk kupon yang kamu dapatkan setiap bulannya.

Dengan penjelasan diatas, kamu bisa mulai menimbang keputusan. Apakah kamu akan melakukan investasi obligasi atau yang lainnya?

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer