Ragam Cara Menabung Zaman Old Yang Masih Dilakukan

0
(0)

Segala sesuatu yang bersifat jadul bukan berarti tidak baik, karena ada banyak kebiasaan jadul yang masih dilakukan seperti cara menabung. Menabung termasuk sebagai aktivitas yang tidak akan lekang oleh waktu. Semua orang melakukan itu untuk keperluan dana darurat. Bedanya hanya terlihat pada caranya.

Zaman sekarang, ada banyak kemudahan yang tersedia berkat kemajuan teknologi untuk menabung. Banyak Lembaga keuangan yang menawarkan layanan tabungan untuk orang-orang dengan berbagai macam keunggulan. Namun, cara menabung dengan gaya zaman old masih banyak dilakukan karena, orang percaya cara jadul justru lebih ampuh. Apa saja cara untuk menabung yang jadul dan masih dilakukan sampai sekarang?

Baca juga: Peluang investasi properti di Indonesia 2019

Cara menabung di celengan

Menabung di celengan telah menjadi trademark khas gaya menabung zaman old. Coba tanya siapa saja yang masih menabung di celengan? Mungkin bukan hanya orang tua saja tapi ada anak kecil yang juga melakukan itu. Metode ini bersifat turun temurun dan diturunkan oleh orang tua mereka karena, kebiasaan ini mereka lakukan sejak kecil dan bersifat baik.

Kemajuan zaman tidak membuat kebiasaan ini hilang begitu saja. Untuk mendorong anak, orangtua rela mencari celengan dengan bentuk yang unik atau karakter kartun favorit anak mereka agar anak mereka mau menabung. Biasanya, Anda akan menyisihkan uang kecil seperti 2000 Rupiah hingga 10.000 Rupiah yang disimpan di dalam celengan. Cara ini terbukti masih dilakukan banyak orang hingga kini.

Arisan

Siapa disini yang orangtuanya masih ikut arisan? Kebiasaan ini dianggap sebagai salah satu cara untuk saling bersilahturahmi sekaligus mengumpulkan uang yang nantinya akan diundi. Yang menang undian akan mendapatkan uang atau uang yang telah dikumpulkan biasanya akan dibelikan barang dan akan didapatkan juga oleh orang yang menang undian.

Arisan tidak hanya diikuti oleh ibu-ibu saja karena, bapak-bapak hingga anak muda juga melakukan kebiasaan yang serupa. Cara ini dianggap sebagai cara menabung yang tradisional tapi tetap dilakukan hingga kini.

Baca juga: Investasi bodong, apa dan bagaimana cara menghindarinya

Menabung di tempat-tempat dalam rumah

Pernah gak sih Anda menyimpan uang di bantal, lemari pakaian, atau bahkan di bagian jendela? Cara ini memang tergolong kuno karena, dianggap tidak aman, tapi masih dilakukan oleh beberapa orang. Masih ada orang yang melakukan cara ini dengan menyimpan uang mereka didalam lemari pakaian. Menurut mereka, mereka bisa mengambil uang tersebut jika diperlukan sewaktu-waktu. Cara menabung yang satu ini bisa Anda lakukan untuk dana darurat rumah.

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer