Dampak Polusi Jakarta Terhadap Perekonomian Ibukota

0
(0)

Belakangan ini, polusi Jakarta telah mencapai tahapan yang memprihatinkan. Bahkan, ibukota Indonesia tersebut sudah dinobatkan sebagai kota dengan tingkat polusi tertinggi sedunia. Hal ini membuat banyak orang khawatir karena, hal itu bisa mengakibatkan kesehatannya menurun.

Selain kesehatan, polusi Jakarta bisa memberikan dampak yang besar terhadap aspek lainnya seperti aspek ekonomi. Perekonomian kota bisa memburuk karena polusi udara tersebut. Berikut hubungan antara polusi Jakarta dengan menurunnya perekonomian kota.

Baca juga: Tips memberikan promo gratis ongkir yang efektif

Kerugian ekonomi dari Polusi Jakarta

Kerugian ekonomi bisa dialami oleh orang-orang yang tinggal di ibukota. Mereka akan mengalami penurunan kesehatan yang berakibat pada konsumsi obat-obatan yang naik dengan drastic. Hal ini memang menjadi masalah yang besar karena, mereka tentunya harus membeli obat-obatan untuk tetap sehat.

Karena itu, masyarakat bisa menderita kerugian yang cukup besar terutama dalam soal konsumsi obat-obatan yang super besar. Untuk mengatasi hal ini, pihak pemerintah kota tentunya perlu melakukan sesuatu untuk menurunkan kadar polusi dalam sebuah kota. Jika tidak maka, kesehatan masyarakat akan menurun.

Selain konsumsi obat, kadar udara yang memburuk juga menjadi masalah yang besar bagi pergerakan ekonomi dalam sebuah daerah. Orang yang sakit akan membuat mereka harus beristirahat di rumah. Secara tidak langsung, hal ini dapat membuat pergerakan ekonomi terutama dari industry bisa menurun dengan jauh.

Pemerintah perlu membuat langkah segera untuk mengurangi polusi yang ada. Dalam hal ini, pemerintah bisa mulai mengatur langkah dengan membuat peraturan untuk mengurangi jumlah transportasi pribadi yang ada. Selain itu, ajakan untuk menggunakan transportasi umum bisa menjadi salah satu poin penting yang dapat mengurangi polusi.

Bukan hanya pemerintah saja, hal ini juga perlu mendapatkan dukungan dari masyarakat agar program bisa berjalan dengan lancar. Masyarakat perlu melakukan sesuatu seperti, naik transportasi umum, tidak menggunakan kendaraan pribadi ke tempat kerja dan lainnya.

Dengan begitu, tingkat polusi dalam suatu daerah akan semakin berkurang dan akan memberikan dampak positif terutama bagi anak kecil mengingat, polusi udara bisa berdampak fatal terhadap perkembangan tumbuh anak terutama otak dari si kecil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer