Apa Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Dividen

0
(0)

Dividen merupakan istilah yang harus diketahui oleh para pemain saham. Secara umum, deviden termasuk sebagai salah satu return yang bisa didapatkan oleh para pemain saham. Hal ini berhubungan dengan pembagian keuntungan.

Secara umum, deviden adalah return yang diberikan berupa pembagian keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada pemegang saham. Jika perusahaan mendapatkan laba yang besar maka, mereka bisa membagikannya kepada para investor.

Cara menghitung dividen

Untuk menghitung deviden, ada 2 cara yakni:

  • Deviden = laba bersih – laba ditahan
  • Deviden per saham = Deviden/jumlah saham yang beredar

Dalam hal ini, orang-orang sering berpatokan pada tingkat deviden yang besar. Berdasarkan hal tersebut, tipe investor terbagi menjadi 2, investor kecil yang mengharapkan deviden besar dan investor besar yang tidak keberatan dengan deviden kecil asalkan, perusahaan dapat berkembang.

Baca juga: Return saham, definisi dan cara mendapatkannya

Selain rumus perhitungannya, ada hal-hal yang juga harus kalian ketahui dan berkaitan dengan deviden:

  • Dividend payout ratio (DPR)

Persentase dividen terhadap laba bersih perusahaan. Sebagai contoh, jika rasio DPR perusahaan 100%, maka laba yang dimiliki akan dibagikan seluruhnya kepada para pemegang saham. Pada umumnya, perusahaan besar akan memiliki tingkat DRP yang besar pula karena, mereka memiliki uang kas yang banyak dan tidak perlu menyimpan laba.

  • Dividend yield

    Deviden per saham dibagi harga pasar saham. Contohnya, saham Indofood memiliki deviden per saham sebesar Rp 200 dan harga pasar saat itu adalah Rp 5000. Dengan demikian, deviden yield yang ada senilai 4%.

Dari kedua istilah diatas, manakah yang lebih penting?

Dividend yield lebih penting karena berkaitan dengan harga saham yang ada dipasaran. Dengan begitu, semakin tinggi harga pasar yang ada maka, semakin besar pula tingkat return yang bisa kita dapatkan.

Baca juga: 5 jenis reksadana saham dengan return menguntungkan, ada yang 90% lho!

Deviden yang didapatkan bisa berbentuk 2 hal yakni, deviden tunai dan saham. Deviden tunai akan dibagikan dalam bentuk uang tunai dan deviden saham akan dibagikan dalam bentuk saham secara Cuma-Cuma.

Dividen saham biasanya dibagikan jika kondisi perusahaan tidak memungkinkan untuk membagikan uang tunai dan berpotensi meningkatkan jumlah saham yang beredar.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer