Revisi UU KPK Pengaruhi Investasi di Indonesia?

Baru-baru ini, pemerintah baru saja mengesahkan Revisi UU KPK yang baru. Hal ini sempat memancing kontra dari banyak pihak. Selain itu, keputusan tersebut dianggap mempengaruhi banyak sektor di masyarakat termasuk investasi.

Hal ini diakui oleh Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla dimana, revisi UU KPK dapat mempengaruhi investasi di Indonesia meski tidak langsung seperti dilansir dari Kompas. Selain itu, hal yang sama juga diungkapkan oleh pengamat ekonomi INDEF, Rizal Taufik Rahman. Menurutnya, revisi UU KPK mempengaruhi posisi KPK yang juga membuat iklim ekonomi dan investasi di tanah air bisa berubah.

Baca juga: Ibukota pindah, apa dampaknya ke bisnis?

Posisi KPK yang melemah akibat revisi UU KPK tersebut membuat citra Indonesia sebagai negara investasi bisa terganggu karena bisa membuat daya tarik investasi di Indonesia menurun dan stabilitas bisnis terganggun seperti dilansir dari Tagar.id.

Rizal menambahkan, investor membutuhkan kondisi yang kondusif untuk investasi. Karena itu, hal ini dikhawatirkan dapat membuat kondisi investasi di Indonesia bisa berubah tidak nyaman sehingga, masalah ini tidak bisa terhindarkan lagi.

Revisi UU KPK bisa buat iklim investasi tanah air memburuk

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah perlu memperbaiki iklim investasi tanah air dengan serius meningkatkan arus investasi. Selain itu, banyak faktor yang perlu diperbaiki sehingga, investasi di tanah air bisa membaik.

Variabel yang terkait perlu diperkuat sehingga, masalah investasi yang ada di Indonesia bisa diatasi dengan baik dan membuat iklim Indonesia membaik. Ada beberapa faktor yang terkait seperti tata kelola administrasi, perizinan hingga daya beli masyarakat.

Baca juga: Aturan DP rumah Indonesia makin mudah, bagaimana dengan industri properti?

Wapres Jusuf Kalla juga beranggapan kalau pemerintahan akan berjalan lambat dalam mengeksekusi program. Meski telah direvisi, Wapres Jusuf Kalla berharap agar pemberantasan korupsi di tanah air tetap berjalan lancar tanpa membuat khawatir para pejabat yang menjalankan program tersebut.

Perubahan tersebut diprediksi membuat para investor lebih berhati-hati dalam menaruh investasi mereka. Banyak pelaku investasi lebih melihat mengenai iklim yang ada semenjak RUU KPK dilaksanakan. Hal ini dikhawatirkan dapat menurunkan tingkat kepercayaan orang-orang yang bermain investasi di Indonesia. Untuk itu, hal ini membawa hal-hal baru di Indonesia karena pengaruh perubahan Revisi UU KPK.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer