Mengenal Initial Public Offering (IPO)

0
(0)

Dalam berita, kita sering melihat initial public offering (IPO). Biasanya, Perusahaan A akan menyatakan diri bahwa mereka sudah IPO dan membuka peluang bagi siapa saja untuk membeli saham mereka. Tentunya, hal ini diambil sebagai langkah besar untuk menyatakan bahwa diri mereka sudah Go Public.

Baca juga: Manajer investasi, apa itu dan kenapa ini penting?

IPO menjadi salah satu tahapan besar yang menyatakan bahwa perusahaan tersebut sudah besar. Apakah demikian? Dalam edisi belajar investasi, kita akan membahas mengenai apa itu IPO dan kenapa ini penting bagi perusahaan.

Pengertian Initial Public Offering

Dalam Bahasa Indonesia, IPO atau Initial Public Offering berarti penawaran saham perdana yang dilakukan oleh perusahaan sebagai tanda bahwa mereka sudah Go Public. Mereka siap menawarkan atau melepas sejumlah saham kepada public.

Baca juga: Belajar investasi : emas vs perhiasan, mana yang lebih oke?

IPO diambil sebagai langkah breakthrough oleh sebuah perusahaan agar mereka dikenal sebagai perusahaan yang siap mendapatkan banyak hal. Tentunya, hal ini penting mengingat mereka ingin menjadi perusahaan besar.

Kenapa IPO ini penting bagi perusahaan

Bisa dikatakan, sebuah perusahaan yang mengambil langkah IPO menandakan bahwa mereka sudah naik kelas sebagai perusahaan public yang siap menjadi lebih besar. Meski demikian, ada resiko yang harus diketahui dimana, harga saham perusahaan bisa jauh melebihi perkiraan. Karena itu, sejumlah perusahaan enggan mengambil langkah IPO karena takut malah menjatuhkan mereka. Namun, ada sejumlah manfaat yang bisa diambil oleh perusahaan jika mereka sudah IPO seperti berikut:

  • Meningkatkan citra dan nilai perusahaan
    IPO menjadi pertanda bahwa sebuah perusahaan sudah siap untuk dikenal umum dan menandakan bahwa mereka dikelola dengan baik. Karena itu, mereka siap bertumbuh menjadi lebih besar. Selain itu nilai sebuah perusahaan juga berpotensi naik lebih besar di waktu yang akan datang.
  • Dana murah dan kinerja keuangan lebih baik
    Dengan IPO, perusahaan siap menjual saham mereka kepada public. Dengan begitu, perusahaan bisa mendapatkan dana dan tidak terbebani bunga. Dana tersebut juga bisa didapat untuk memperbaiki keuangan mereka dengan membayar utang.
  • Pertumbuhan perusahaan yang lebih cepat
    Dana yang didapatkan bisa digunakan untuk mengembangkan perusahaan lebih baik sehingga, mereka bisa berekspansi ke luar negeri atau melakukan langkah lainnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer