Investasi Bodong, Apa dan Cara Menghindarinya

5
(1)

Investasi bodong merupakan salah satu masalah yang sempat menghantui banyak orang. Biasanya, mereka kerap menawarkan sebuah model investasi dengan iming-iming keuntungan yang sangat besar mulai dari uang, barang mewah, dan hal lainnya.

Namun, masalah ini justru mendatangkan hal buruk lainnya yang mengakibatkan kehilangan uang dalam jumlah yang besar. Masalah ini kerap datang dalam berbagai macam bentuk sehingga, kamu perlu mengetahuinya agar terhindar dari masalah tersebut. Berikut informasi mengenai apa itu investasi bodong dan cara untuk menghindarinya.

Baca juga: Instrumen yang pas untuk anak muda

Arti investasi dan ciri investasi bodong

Sebelum mengetahui soal hal ini, kamu harus paham arti dari investasi itu sendiri. Investasi adalah sebuah kegiatan untuk menghimpun dana atau aset dalam waktu tertentu yang bertujuan untuk mendapatkan untung. Investasi melibatkan dua pihak yakni pihak investor dan perusahaan yang menyediakan layanan investasi tersebut.

Investasi yang bermasalah biasanya memiliki beberapa ciri-ciri yang gampang dikenali. Pertama, mereka kerap menawarkan keuntungan yang sangat besar dan cenderung mustahil. Investasi memiliki prinsip high risk, high return. Semakin tinggi keuntungan yang didapat maka, semakin besar pula resiko dari investasi tersebut. Keduanya saling berbanding lurus sehingga, jangan mengharapkan keuntungan yang besar tanpa resiko yang besar pula.

Kedua, keuntungan yang Anda dapat akan macet. Masalah ini kerap menjadi masalah umum yang muncul pada investasi bodong. Pada bulan-bulan awal, Anda akan mendapatkan keuntungan dari investasi yang Anda lakukan. Selanjutnya, pencairan keuntungan akan berjalan dengan sulit sehingga, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan.

Ketiga, perusahaan dan produknya tidak jelas. Sebelum memulai investasi, cek info perusahaan dan produknya. Cek alamatnya apakah jelas serta berita mengenai hal tersebut. Jika ada yang tidak beres, segera batalkan investasi itu karena bisa menimbulkan masalah di kemudian hari.

Baca juga: Ingin bebas finansial, ikuti tipsnya berikut!

Berinvestasilah dengan mencari institusi yang terpercaya

Sebenarnya, Anda bisa dengan mudah mengetahui penyedia jasa layanan investasi yang terpercaya. Pertama, badan investasi yang terpercaya adalah mereka yang sudah diverifikasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Indonesia. Mereka adalah badan resmi dari Indonesia yang bertugas untuk mengecek tekfin yang ada di Indonesia. Jika tidak ada izin dari OJK maka, Anda perlu waspada.

Badan investasi yang bodong biasanya menyediakan produk investasi yang tidak jelas dengan keuntungan yang sangat tinggi. Anda bisa berkonsultasi dengan pihak yang terpercaya agar bisa membantu Anda dalam membedakan apakah investasi tersebut investasi bodong atau tidak.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer