Investasi Yang Bagus Untuk Pendidikan Anak

0
(0)

Setiap orang tua memiliki harapan untuk menyediakan investasi yang bagus untuk pendidikan anak. Namun, banyak orangtua mengaku kesulitan dalam memilihnya karena kurangnya informasi yang dipunya.

Sebelum terlambat, Anda perlu mencari tipe investasi terbaik untuk anak Anda. Menurut financial planner, Ligwina Poerwo-Hananto, setiap orang tua harus tahu besaran dana yang dibutuhkan. Dana pendidikan naik setiap tahunnya mengikuti inflasi yang ada.

Baca juga: Investasi 300 ribu per bulan, ini caranya!

Berdasarkan informasi ini, Anda bisa memiliki pandangan secara garis besar mengenai besaran dana yang dibutuhkan. Setelah itu, Anda bisa memulai untuk mencari tipe investasi yang tepat lewat pilihan-pilihan dibawah ini.

Tabungan pendidikan

Bank-bank di Indonesia memiliki berbagai macam penawaran menarik untuk tabungan pendidikan. Yang terpenting adalah, tabungan pendidikan merupakan investasi jangka pendek bagi anak Anda dan bisa digunakan untuk membayar kebutuhan dengan besaran dana yang tidak terlalu besar seperti pembayaran SPP/kursus dan pembelian buku.

Tabungan pendidikan tidak cocok untuk investasi jangka panjang karena tingkat bunga yang cenderung kecil (2% s/d 3%). Karena itu, tabungan pendidikan hanya cocok untuk investasi jangka pendek dan pembayaran dana yang kecil.

Asuransi pendidikan

Asuransi merupakan langkah untuk melindungi biaya anak Anda di masa depan. Untuk memilih biaya yang cocok, Anda bisa membandingkan beberapa program yang tepat dan memiliki tawaran yang menguntungkan.

Tips dalam memilih asuransi pendidikan adalah, Anda harus melihat premi dan investasi yang akan Anda keluarkan. Setelah itu, baru Anda bisa melihat investasi terbaik yang bisa Anda pilih untuk pendidikan anak Anda.

Emas, investasi yang bagus untuk pendidikan anak?

Emas merupakan model investasi zaman dulu yang tetap populer hingga sekarang. Emas bisa dijual dimana saja dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan termasuk biaya pendidikan anak. Anda bisa mendapatkan dana dengan cepat berkat emas.

Baca juga: Harga emas terbaru, turun kembali hari ini

Kini, investasi dengan emas bisa dimana saja karena, emas sudah tersedia pada berbagai macam tempat termasuk e-commerce seperti Tokopedia. Karena itu, Anda bisa memanfaatkan kemudahan ini untuk mendapatkan emas.

Properti

Sama dengan emas, property merupakan salah satu bentuk investasi zaman dulu yang bisa mendatangkan keuntungan dalam waktu yang cepat. Tingkat keuntungan yang didapat juga bisa sangat besar, melebihi emas.

Seiring dengan kemajuan zaman, properti tidak lagi hanya rumah saja karena, ada kos-kosan dan apartemen. Karena itu, Anda bisa menyisihkan uang yang Anda punya untuk membangun kos-kosan atau menyewakan apartemen.

Reksadana

Reksadana merupakan bentuk investasi modern yang sedang digandrungi banyak orang. Dana Anda akan dikelola oleh manajer investasi dan cocok untuk investasi jangka panjang dan pendek karena, ada 4 jenis yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa mencari tahu lebih dulu soal keuntungan dan kelebihan yang dimiliki oleh setiap jenis reksadana. Dengan begitu, Anda bisa tahu investasi yang bagus untuk pendidikan anak.

Deposito

Deposito punya bunga yang lebih tinggi dibandingkan tabungan (4% hingga 6%). Selain itu, penarikan uang deposito juga bisa dibagi dalam jangka waktu tertentu seperti bulanan, tahunan, dan juga dalam waktu yang sangat lama.

Program deposito ini sangat berguna bagi orang-orang yang kesulitan dalam memilih jenis investasi yang tepat untuk pendidikan anak mereka. Anda bisa mendatangi bank-bank dan menanyakan seputar layanan deposito yang diberikan.

Investasi yang bagus untuk pendidikan anak, saatnya memilih yang terbaik

Setelah membaca sejumlah pilihan yang ada diatas, Anda sudah mempunyai gambaran mengenai kelebihan dan kelemahan dari setiap jenis investasi yang ada. Untuk itu, Anda bisa memproyeksikan besaran dana yang dibutuhkan dan bisa menjadi panduan Anda untuk memilih investasi yang bagus untuk pendidikan anak Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer