reksadana saham

5 Jenis Reksadana Saham Paling Menguntungkan, Ada yang Return 90%!

0
(0)

Reksadana Saham- Investasi bisa dilakukan oleh siapapun saat ini karena akses yang mudah, yakni melalui smartphone. Akan tetapi, kemudahan tersebut membuat banyak orang lupa dengan esensi dari sebuah investasi. Ya, investasi merupakan sebuah cara dimana kamu menunda kebutuhan saat ini untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Dengan kata lain, investasi merupakan sebuah rencana jangka panjang yang harus dipikirkan secara matang. Sebab, jika kamu hanya melakukan investasi dalam rentang waktu beberapa bulan, kamu tidak akan pernah meraih pendapatan yang maksimal.

Berbicara mengenai pendapatan yang maksimal, saat ini jenis reksadana saham menjadi salah satu instrumen yang paling banyak digunakan oleh para investor atau penanam saham. Hal itu terjadi karena return yang ditawarkan oleh jenis reksadana tersebut sangatlah besar.  Kamu belum tahu jenis reksadana saham?

Baca Juga: Reksadana Saham Terbaik: Bibit.id vs Ajaib, Kamu Pilih yang Mana?

Apa itu Reksadana Saham?

Reksadana saham merupakan instrumen dalam sebuah wadah pengumpulan uang yang menginvestasikan sekurang-kurangnya 80% dari total aktiva yang dimiliki ke dalam portfolio berbentuk saham. Fluktuasi dari reksadana ini cukup masif untuk jangka pendek namun berpotensi bagus apabila jangka panjang.

Tujuan dari instrumen reksadana ini adalah untuk menumbuhkan harga saham dalam satuan unit. Itulah kenapa profil resiko dari seseorang yang menggunakan jenis ini adalah agresif, yakni seseorang yang siap menerima resiko apabila ada penurunan dari saham yang mereka telah beli.

Secara jangka pendek, instrumen ini memang terbilang beresiko itulah kenapa jenis ini tidak dianjurkan kepada mereka yang belum menentukan tujuan yang jelas dari investasi reksadana. Sebaliknya, reksadana saham sangat cocok bagi mereka yang telah memiliki tujuan rencana jangka panjang, setidaknya 5 tahun dari pembelian saham.

Contohnya, jenis reksadana ini cocok untuk mereka yang menginginkan tabungan masa tua, uang sekolah anak ataupun kebutuhan lainnya yang baru akan dibeli dalam waktu yang lama. Lantas, berapa besaran return yang bisa didapatkan apabila menggunakan metode ini?

Top 5

Beberapa waktu lalu, Bareksa sempat membocorkan beberapa jenis reksadana ini yang berpotensi menghasilkan return besar. Bahkan, return yang bisa didapatkan ada yang bisa mencapai 90% dari total pembelian saham. Ini dia kelima top instrumen reksadana tersebut:

  1. Sucorinvest Equity Fund
  2. Shinhan Equity Growth
  3. Simas Saham Unggulan
  4. HPAM Ultima Unggulan
  5. Sucorinvest Sharia Equity Fund

Semua reksadana tersebut berpotensi memberikan return yang besar. Namun, bagi umat islam yang terbentur dengan syariat ajaran agama, mereka bisa mengubahnya ke dalam bentuk Bareksa Syariah sesuai dengan anjuran yang telah ditetapkan. Dengan begitu, mereka tetap bisa melakukan investasi jenis ini.

Bagi para pemula, reksadana ini memang sangat dianjurkan untuk terjun langsung ke dalam dunia saham. Sebab, resiko kerugian yang dialami akan lebih kecil karena adanya diversifikasi ke beberapa jenis yang berbeda. Dengan kata lain, setiap saham akan menutupi kerugian dari jenis lainnya.

Baca Juga: Pemula, Susah Buat Keputusan Investasi? Ini Solusinya!

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer