Investasi 1 Juta, Segini Keuntungan Reksadana yang Bisa Kamu Dapat!

4
(2)

Keuntungan Reksadana– Apa yang bisa kamu lakukan dengan 1 juta rupiah? Tentunya banyak, mulai dari makan mewah hingga jalan-jalan keliling Indonesia. Namun, kedua opsi tersebut hanya akan membuat uang yang dimiliki menjadi habis. Masih ada satu opsi lain, yaitu menabung investasi di reksadana.

Investasi itu bisa dibilang memiliki konsep sama dengan menghabiskan uang. Namun perbedaannya, uang yang digunakan untuk jalan-jalan (dalam investasi) harus ditabung terlebih dahulu dalam kurun waktu tertentu. Sehingga, nominal yang didapatkan bertambah menjadi lebih banyak dari yang biasanya.

Secara garis besar, itu memang menjadi konsep dasar dari investasi reksadana. Semakin banyak uang yang ditabung, semakin besar pula keuntungan yang bisa didapatkan dalam kurun waktu tertentu. Biasanya, hitungan yang digunakan adalah pertahun.

Jika kamu ingin memulai untuk investasi reksadana, ada sekitar 4 jenis yang bisa kamu dapatkan, meliputi: reksadana saham, reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap dan yang terakhir adalah pasar uang. Dari keempat tersebut, manakah yang paling menguntungkan?

Konsep Investasi Reksadana

Keuntungan Investasi Reksadana
Keuntungan Investasi Reksadana

Investasi reksadana saham disebut sebagai salah satu yang paling menguntungkan. Jika melihat dari bareksa,  keuntungan pendapatan yang bisa diterima setiap tahunnya adalah 15,17%. Namun, pendapatan yang diterima tidak konstan. Dengan kata lain, kamu juga bisa mengalami kerugian walaupun kansnya kecil.

Dalam konsep investasi di Bareksa, sistem reksadana saham memiliki resiko yang paling rendah sehingga keuntungan yang bisa kamu dapatkan lebih besar dibandingkan dengan kerugiannya. Itulah kenapa mereka menjadi salah satu yang dipercaya di Indonesia saat ini.

Mari berandai dengan uang sebesar 1 juta rupiah yang kamu miliki, berapa besar keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila memilih untuk menabung investasi saham reksdana di Bareksa? Begini kurang lebih perhitungannya.

Baca Juga: Ketahui Perbedaaan Pinjaman Online Yang Aman dan Tidak

Kalkulasi Perhitungan Keuntungan Reksadana

Dengan uang 1 juta rupiah, berapa besar keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila menggunakan sistem saham reksadana? Tidak ada perhitungan pasti yang bisa didapatkan namun di bawah ini, saya akan mencoba menjelaskan jumlah keuntungan maksimal yang kamu bakal terima dengan uang sebesar 1 juta rupiah.

Katakan jika kamu menaruh uang sebesar 1 juta rupiah untuk reksadana saham. Investasi dengan uang tersebut diatur dalam 5 tahun dengan return sebesar yang telah ditetapkan di atas, yakni 15,17%. Sekali lagi, return yang didapatkan itu bersifat tidak tetap melainkan fluktuatif, tidak selamanya menguntungkan.

Perhitungannya adalah kamu menabung sekitar 1 juta rupiah perbulan selama 5 tahun. Jika dihitung secara keseluruhan, berarti kamu menabung reksadana saham selama 60 bulan dengan total 60 juta rupiah. Return baru bisa didapatkan dalam kurun waktu 12 bulan alias satu tahun dengan jumlah 15,17%.

Kurang lebih, potensi keuntungan yang bisa didapatkan adalah 758 ribu rupiah. Bagaimana jika ditotal selama 5 tahun? Jawabannya adalah 28 juta rupiah. Jadi, dalam 5 tahun ke depan uang sekitar 60 juta yang diinvestasikan bakal bertambah menjadi 88 juta rupiah maksimal.

Namun, ingat angka yang didapatkan tersebut merupakan angka maksimal. Dengan kata lain, kamu bisa mendapatkan seluruh uang tersebut namun ada juga kemungkinan kamu mendapatkan uang di bawahnya. Di sisi lain, kamu juga harus mengingat jika selalu ada resiko besar di balik penanaman uang yang besar pula.

 

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer