Tips Memilih Manajer Investasi Terbaik

Manajer investasi terbaik memegang peranan penting dalam pengelolaan reksadana Anda. Salah pilih bisa menyebabkan masalah. Karena itu, setiap orang harus tahu cara yang tepat dalam memilih manajer investasi yang tepat bagi mereka.

Untuk memilihnya, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang tepat. Berikut ini, tips-tips dalam memilih manajer investasi yang tepat serta memiliki pengalaman yang mumpuni dalam mengelola reksadana dengan baik.

Cek track record dan lama bekerja

Tidak dipungkiri, track record dan lama bekerja masih menjadi faktor utama untuk menilai pengalaman seseorang. Kedua faktor ini juga bisa digunakan untuk mencari manajer investas terbaik untuk mengelola reksadana yang Anda miliki.

Baca juga: Manajer investasi, apa itu dan kenapa penting? 

Manajer investasi yang baik memiliki pengalaman setidaknya 5 tahun serta track record yang baik atau bebas dari masalah. Anda bisa mengecek track record dari situs resmi OJK atau sumber berita lainnya yang kredibel agar memperkuat tingkat kebenaran sebuah berita.

Pilih manajer investasi terbaik sesuai dengan profil resiko

Manajer investasi memiliki beberapa gaya dalam mengelola reksadana. Ada yang bisa menghasilkan imbal balik tinggi tapi resiko tinggi. Ada juga yang menghasilkan imbal balik yang normal tapi dengan tingkat resiko yang rendah.

Baca juga: Reksadana terbaik dan pilihan manajer investasi yang recommended!

Hal tersebut umum terjadi dalam dunia investasi sehingga, Anda perlu jeli dalam memilihnya sesuai dengan profil resiko. Jika Anda ingin mendapatkan untung tinggi untuk jangka panjang maka, Anda bisa memilih manajer investasi yang telah berpengalaman dalam menangani saham. Jika tidak, pilihlah manajer investasi untuk jenis reksadana dengan tingkat resiko yang rendah.

Cek ke Bapepam/LK/OJK

Mau lebih aman? Anda bisa mengeceknya langsung ke beberapa Lembaga keuangan resmi negara seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM), dan Lembaga Keuangan (LK).

Ketiga badan tersebut biasanya memuat nama-nama Manajer Investasi yang telah terjamin dan memiliki izin untuk bekerja. Selain itu, ketiga badan tersebut juga memuat nama-nama P2P Lending atau Lembaga jasa keuangan lainnya yang beroperasi di Indonesia sehingga, Anda bisa mengecek nama-nama manajer Investasi sebelum Anda mulai untuk memilihnya untuk reksadana Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer