Mau Kaya Tapi Gak Kerja? Passive Income Jawabannya!

5
(1)

Setiap orang sadar bahwa mereka tidak akan selamanya bekerja, sehingga mereka mengandalkan passive income. Passive income akan membantu kita menghasilkan uang dengan tidak bekerja sama sekali!

Baca juga: 3 contoh bisnis kuliner dengan modal kecil

Kok bisa? Bukankah kita harus bekerja untuk mendapatkan uang? Itu memang benar. Tapi, ada cara lainnya yang bisa dilakukan dan aman serta halal. Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa kita pilih untuk mendapatkan passive income dan berikut penjelasannya.

Definisi passive income dan penjelasannya

Pertama-tama, kita cari tahu soal definisi dari passive income/pendapatan pasif itu sendiri. Pendapatan pasif adalah pendapatan yang didapatkan seseorang atas kegiatan ekonomi yang tidak dia lakukan secara aktif.

Baca juga: Bisnis adalah investasi terbaik, benarkah demikian?

Sebagai contoh, Ujang membangun sebuah rumah besar yang dijadikan tempat kos. Ujang mendapatkan pemasukan secara langsung dari sana meski ia tidak menjaga tempat kos tersebut karena, ia mempekerjakan orang untuk menjaga kos tersebut.

Ujang merupakan salah satu contoh pendapatan pasif yang dilakukan orang Indonesia pada umumnya. Selain membangun tempat kos, masih banyak contoh pendapatan pasif lainnya yang biasa dipilih oleh orang dan dilakukan.

Secara umum, sumber pendapatan pasif bisa bersumber dari 4 hal dibawah ini:

  • Royalty
  • Keuntungan penjualan buku
  • Investasi
  • Pendapatan dari adsense atau iklan di internet

Manfaat dari pendapatan pasif

Secara umum, pendapatan pasif bisa membawa banyak manfaat positif bagi kehidupan kita. Berikut manfaat-manfaat yang bisa dirasakan:

  • Punya lebih banyak waktu bebas
    Dengan memiliki pendapatan pasif, kamu gak akan memusingkan soal uang lagi, karena kamu sudah memiliki sumber penghasilan lebih satu. Karena itu, kamu bisa fokus dalam menggunakan waktu yang ada untuk hal-hal yang tidak bisa kita lakukan. Saat bekerja secara aktif, waktu kamu akan digunakan lebih alam di kantor sehingga, tidak ada lagi waktu luang.
  • Jaminan masa depan
    Punya penghasilan pasif berarti, kamu bisa mempersiapkan dana di masa tua lebih cepat dan mudah. Kamu bisa menyisihkan sebagian uang yang didapatkan untuk tabungan/investasi/asuransi dan hal lainnya. Dengan begitu, kamu bisa lebih tenang dalam menjalani hari tua.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer