Sebelum Jadi Freelance, Pikirkan 3 Hal Ini!

Pekerjaan paruh waktu atau freelance kerap menjadi pilihan yang diambil oleh banyak orang untuk mendapatkan uang. Freelance menjadi pilihan pekerjaan menarik yang disukai karena memberikan kebebasan dan juga keuntungan yang banyak tergantung dari tawaran yang diberikan.

Namun, freelance bukan berarti tanpa tantangan. Sebelum memutuskan untuk mengambil pekerjaan ini, ada banyak hal yang harus dipikirkan. Berikut 3 hal yang harus dipikirkan sebelum kamu memutuskan untuk kerja paruh waktu atau freelance.

Baca juga: 3 produk bank yang paling disukai

Gimana cara bayar pajaknya?

Freelance memang menawarkan keuntungan yang besar, tapi kamu juga harus ingat untuk membayar pajak. Para pekerja paruh waktu seringkali tidak tahu cara membayar pajak yang benar sehingga, mereka tentunya harus kesulitan ketika menghadapi pelaporan pajak.

Tarif pajak untuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) beromzet 4,8 milyar setahun. Untuk membayar pajak, kamu bisa mengecek situs online untuk urusan pajak agar memberikan informasi lebih mengenai besaran pajak yang harus dibayar untuk pekerja paruh waktu.

Gampang atau tidak?

Freelance terlihat mudah. Kamu bisa kerja dimanapun dan kapanpun. Selain itu, kamu tidak terikat sama sekali dengan peraturan dan bebas menentukan dengan siapa kamu bekerja. Benarkah demikian? Tidak semuanya benar karena, ada beberapa hal yang tetap harus kamu ikuti.

Salah satu hal yang juga ditakutkan semua orang adalah deadline. Setiap pekerjaan pasti ada deadline yang harus dipatuhi. Kerja freelance memang enak karena kamu bebas kerja kapanpun tapi, kamu harus mematuhi deadline yang ada.

Liburnya gimana?

Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah soal liburan. Freelancer memang bebas menentukan kapan mereka ingin istirahat atau tidak. Tapi, masalah ini sering terjadi saat pekerjaan menumpuk dan kalian tidak bisa beristirahat sama sekali.

Hal ini dapat diatasi dengan pengaturan waktu pekerjaan yang tidak terlalu sempit. Dengan begitu, kalian masih bisa tetap berlibur dan menyisakan waktu sedikit untuk beristirahat. Ingat, uang memang penting karena, uang menjadi modal penting untuk hidup tapi, istirahat juga menjadi hal penting yang bisa mengembalikan diri kita agar siap bekerja.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer