perang dunia 3

Perang Dunia 3, Ini Dampak Ekonominya Bagi Indonesia!

Tewasnya Jenderal Qasem Soleimani, komandan Garda Revolusi Iran akibat serangan udara Amerika di Iran pada Jumat (3/1/2020) dikhawatirkan dapat memicu perang dunia 3. Dilansir dari CNBC, Iran dikabarkan akan membalas serangan tersebut dan Amerika sudah siap untuk membidik 52 lokasi yang ada di Iran jika mereka meluncurkan serangan balasan.

Baca juga: Harga BBM terbaru, turun di tahun 2020

Peristiwa ini berdampak pada kenaikan harga minyak dunia. Harga minyak brent naik sebesar 3,6% ke 68,60 Dollar AS pada Jumat (3/1/2020) kemarin. Minyak berjangka juga naik sebesar 3,1% jadi 63,05 Dollar AS. Kenaikan tersebut menjadi yang paling besar sejak September 2019. Tensi tinggi yang terjadi di Timur Tengah dikhawatirkan akan memberikan dampak kepada semua negara terutama Indonesia, terutama di bidang ekonomi. Apa saja dampak ekonomi yang bisa terjadi pada Indonesia?

Dampak perang dunia 3: Harga bbm bisa naik!

Menurut Ekonom institute for Development of Economics and Finance, Bhima Yudistira Negara, perang dunia bisa mengancam pergerakan ekonomi Indonesia. Jika melihat proyeksi APBN 2020, harga minyak diprediksi 63 Dollar AS. Harga minyak yang bisa melampaui prediksi APBN 2020 bisa membuat harga BBM terutama non-subsidi naik.

Kepada Detik, Bhima menjelaskan bahwa bbm subsidi dan tarif listrik bisa membengkak di awal 2020 karena adanya penyesuaian terhadap harga minyak yang naik. Dengan begitu, hal ini berpotensi memberatkan masyarakat.

Baca juga: Banjir di Jakarta, ekonomi ibukota lumpuh

Lantas, apakah harga BBM Indonesia bisa naik lagi? Mengingat, harga BBM baru saja turun pada awal tahun 2020. Bhima menambahkan bahwa harga BBM bisa naik lagi bergantung pada tren dari harga minyak dunia. Jika naik, hal ini akan berdampak pada daya beli masyarakat serta pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dampak buruk pada dunia investasi: investor akan bermain aman

Dampak buruk tidak hanya terjadi di bidang ekonomi saja, dunia investasi juga akan terkena dampak buruk tersebut. Bhima melihat, dampak yang akan terjadi ada pada investasi surat berharga. Para investor akan lebih memilih untuk bermain aman. Dengan begitu, mereka lebih memilih untuk membeli Dollar atau Emas. Sehingga, terjadi efek volatilitas yang memberikan dampak buruk terhadap ekonomi jangka panjang.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer