Mau Kerja Efektif? Ganti Peraturan Jam Kerja Jadi 4 Hari!

Perusahaan Microsoft Jepang baru saja menerapkan peraturan jam kerja baru dengan mengubah 5 hari kerja menjadi 4 hari kerja. Hasilnya, produktivitas dan profitabilitas perusahaan meningkat hanya dengan 4 hari kerja.

Peraturan tersebut diberi nama Work-Life Choice Challenge Summer 2019. Microsoft Jepang menetapkan 4 hari kerja dan dari Jumat, Sabtu dan Minggu ditetapkan menjadi hari libur kerja. Selama hal tersebut dijalankan, hal tersebut membawa banyak efek positif di dalam sebuah perusahaan.

Baca juga: Benarkah Reksadana adalah investasi yang paling minim kegagalan?

Apa saja perubahan yang terjadi ketika Microsoft memutuskan untuk membuat hal tersebut? Berikut perubahan-perubahan yang ada pada salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia tersebut.

Perubahan Peraturan Jam Kerja Buat Kualitas kehidupan meningkat

4 hari kerja terbukti dapat meningkatkan kualitas hidup karyawan. Dengan begitu, mereka dapat bebas dari stress dan beban pekerjaan. Hidup mereka menjadi seimbang dan mereka punya waktu lebih banyak untuk berkumpul bersama teman-teman atau keluarga.

Baca juga: Bingung investasi? Contohlah Sri Mulyani

Waktu berkumpul dengan teman-teman dan keluarga lebih banyak membantu mereka mendapatkan keseimbangan antara pekerjaan dengan keluarga. Mereka bisa lebih akrab dengan keluarga dan hasil pekerjaan mereka akan lebih optimal.

Produktivitas karyawan meningkat

Menurut penelitian dari Universitas Stanford, karyawan yang bekerja terlalu keras dan berlebihan justru produktivitasnya menurun. Hal yang beda akan terlihat kepada karyawan yang bekerja dengan hari kerja yang pendek.

Hal itu juga dibuktikan oleh Microsoft. Produktivitas kinerja karyawan Microsoft naik sebesar 40 persen. Berdasarkan hasil tersebut, Microsoft dikabarkan hendak menetapkan waktu kerja tersebut sebagai waktu kerja yang resmi.

Kualitas hidup karyawan meningkat

Program 4 hari kerja tidak hanya memberikan keuntungan bagi perusahaan dan karyawan. Lingkungan juga turut terkena dampak tersebut karena, 4 hari kerja berpotensi dapat menurunkan tingkat polusi lingkungan menjadi lebih kecil.

Berkurangnya jam kerja dapat mengurangi intensitas berkendara yang dilakukan karyawan. Karena itu, hal ini dapat berpotensi mengurangi polusi udara. Hari Jumat yang biasanya dipenuhi oleh hiruk pikuk kendaraan tidak akan lagi menjadi sulit. Perubahan peraturan jam kerja tersebut bisa menjadi solusi yang pas bagi perusahaan dalam meningkatkan produktivitas dan dampak positif terhadap lingkungan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer