Perkembangan Investasi di Indonesia 2020

0
(0)

Menjelang pergantian tahun, orang-orang sibuk dalam melihat perkembangan investasi di Indonesia pada tahun 2020 mendatang. Mereka penasaran akan tren yang akan berlangsung di tahun depan. Apakah ada model investasi baru atau bagaimana dengan tren keuntungan dari investasi yang telah mereka jalani?

Tren investasi dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah kondisi negara. Jika kondisi negara sedang tidak stabil maka, tren investasi dipastikan akan menurun. Namun, banyak pengamat yang memprediksikan jika tren investasi akan membaik di tahun 2020.

Lantas, apa saja yang akan terjadi di tahun 2020? Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai tren investasi di tahun 2020.

Perkembangan investasi di Indonesia menurut BKPM

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) membuat proyeksi realisasi investasi pada tahun 2020 mencapai 886 triliun Rupiah. Dengan begitu, angka tersebut diharapkan dapat membuat pertumbuhan investasi mencapai 11,7 persen per tahunnya.

Baca juga: Apa itu IPO dan penjelasannya?

Nurul Ichwan selaku direktur perencanaan jasa dan Kawasan BKPM mengatakan bahwa target 2020 akan lebih tinggi dari 2019 dimana, target di tahun 2019 adalah 792 triliun Rupiah. Hingga kuartal ketiga, beliau mengemukakan bahwa target investasi telah mencapai 601,3 triliun Rupiah. Menurut Nurul, mereka optimis kalau target di tahun 2019 akan terpenuhi.

Pemilihan ibukota yang baru bisa picu pertumbuhan investasi

Nurul menambahkan, pemilihan provinsi Kalimantan Timur sebagai provinsi yang baru diharapkan akan memicu pertumbuhan investasi tidak hanya disana saja tapi juga di wilayah timur lainnya seperti Sulawesi, Papua, dan Maluku.

Menurut beliau, Papua diprediksi akan mendapatkan perhatian lebih karena pemerintah ingin menunjukkan kalau infrastruktur yang dibangun disana dapat memberikan efek terhadap sektor perkebunan, industri dan pertambangan.

Baca juga: Pengertian dan fungsi Likuditas

Pemilihan ibukota di Kalimantan Timur diprediksi akan membuka sejumlah peluang usaha dan investasi. Sejumlah pebisnis dikabarkan sudah mulai melirik daerah-daerah di Kalimantan Timur untuk membuka usaha atau membuat investasi.

Dengan begitu, hal ini dapat memberikan efek positif terhadap ekonomi daerah Kalimantan Timur dan perkembangan investasi di Indonesia khususnya di daerah timur Indonesia.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer