Ragam Profesi Akuntan dan Fungsinya

0
(0)

Akuntan menjadi salah satu profesi yang paling banyak dicari karena memiliki fungsi penting dalam kantor seperti, membuat laporan pembukuan. Untuk itu, banyak orang yang tertarik untk menjadi seorang akuntan karena, peluang ini menjadi hal yang bagus bagi mereka dalam mencari pekerjaan dengan tingkat pencarian yang besar. Berikut ini, ragam profesi akuntan yang harus kamu ketahui agar kamu tahu fungsinya.

Baca juga: Ketahui perbedaan pinjaman online yang aman dan tidak

Akuntan public

Pertama, ada akuntan public yang menawarkan jasa berdasarkan kesepakatan yang telah dibayarkan sebelumnya. Biasanya, akuntan public bekerja secara bebas atau mendirikan kantor akuntan sendiri. Tugasnya adalah, mereka melayani permintaan untuk melakukan audit, jasa perpajakan, dan jasa konsultasi manajemen.

Akuntan pemerintah

Akuntan pemerintah merupakan akuntan yang bekerja di instansi pemerintahan seperti BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan dan juga instansi pemerintahan lainnya.

Baca juga: Jakarta mati lampu, masyarakat alami kerugian ekonomi

Akuntan internal

Akuntan internal merupakan sosok akuntan yang memang bekerja untuk tempat dimana ia bekerja. Biasanya, mereka bersifat pegawai kantoran dimana, mereka mengatasi masalah internal kantor mereka yang berhubungan dengan keuangan. Tugas mereka adalah, menyusun anggaran, menangani masalah tentang pajak, menghadapi audit eksternal, audit internal perusahaan.

Akuntan pendidik

Terakhir, ada akuntan pendidik yang bertugas untuk mendidik orang-orang yang ingin mempelajari lebih dalam soal akuntansi. Biasanya, mereka bisa bekerja di Lembaga Pendidikan akuntansi. Selain itu, ada juga orang yang membuka Lembaga Pendidikan sendiri dimana, mereka memimpin orang-orang dan juga mengajari orang-orang.  

Lewat beberapa jenis akuntan diatas, kamu bisa mulai mengetahui soal pekerjaan apa yang cocok untuk kamu. Akuntan tidak selalu berkaitan dengan hal yang bisa kamu lihat dalam pekerjaan kantoran karena, akuntan bisaa dilihat dari berbagai macam bidang. Karena itu, kamu bisa memilih akuntan yang cocok untuk kamu. Jika sudah menemukan tipe akuntan yang cocok, kamu bisa mulai menyesuaikan hal yang ada sehingga, kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang cocok. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang cocok sebagai seorang akuntan untuk keperluan dirimu sendiri dan juga sesuai dengan keinginan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer