reksadana pasar uang

Reksadana Pasar Uang: Jenis Investasi yang Pasti Untung, Tapi…..

5
(1)

Reksadana Pasar Uang- Ada yang salah mengenai pemahaman masyarakat Indonesia mengenai investasi. Sebagian besar yang masih awam mengira jika investasi merupakan jalan pintas untuk menjadi kaya namun pada kenyataannya tidak. Singkatnya, investasi merupakan sebuah tindakan untuk menunda pemakaian uang saat ini untuk masa depan.

Secara tersirat, penundaan pemakaian uang memang terlihat seperti menabung. Namun di investasi, uang ‘tabungan’ tersebut tidak hanya diam di sebuah bank melainkan dijadikan modal usaha sehingga kamu bisa mendapatkan hasil dari uang tersebut dalam bentuk uang pula. Itulah kenapa investasi menjadi menarik bagi banyak orang.

Dari pada menaruh uang di bank, bukannya lebih baik dijadikan investasi? Pernyataan tersebut memang benar. Tetapi, perlu dipahami juga apabila investasi mempunyai resiko kerugian sehingga banyak yang takut akan kegagalan tersebut. Lantas, apakah ada investasi yang pasti untung? Jawabannya ada yakni Reksadana Pasar Uang!

Baca Juga: Benarkah Reksadana Adalah Jenis Investasi Paling Minim Resiko Kegagalan?

Apa itu Reksadana Pasar Uang?

reksadana saham terbaik
reksadana saham terbaik

Reksadana pasar uang (RDPU) adalah satu dari sekian instrumen dalam investasi reksadana yang ada saat ini. Biasanya, jenis reksadana ini diperuntukkan bagi mereka yang baru terjun ke dalam dunia investasi agar tidak terlalu kaget. Bermain di RDPU sudah pasti menguntungkan karena potensi kegagalannya yang sangat rendah.

Dengan kata lain, hampir semua orang yang bermain di jenis investasi ini pasti mendapatkan keuntungan tapi hasilnya tidak begitu besar dibandingkan reksadana saham, modal ataupun yang lain-lainnya. Walaupun begitu, reksadana pasar uang lebih diprioritaskan dibandingkan deposito. Kenapa?

RDPU memiliki return yang lebih tinggi dibandingkan dengan deposito, yakni sekitar 4-6%. Selain itu, masih ada beberapa alasan lain mengapa RDPU lebih baik dari pada deposito:

  • RDPU menjadi pilihan karena minimum investasi uang yang bisa ditanamkan itu lebih murah dibandingkan dari pada deposito. Bahkan, di beberapa aplikasi reksadana, kamu sudah bisa melakukan RDPU dengan ongkos hanya 10 ribu rupiah. Bandingkan dengan deposito di bank yang biasanya memiliki biaya 1 juta rupiah ke atas.
  • Kemudian, RDPU lebih menjadi primadona dibandingkan dengan deposito karena fleksibilitas dalam pengambilan uang. Sang investor bisa mengambil uang mereka kapanpun tanpa takut terkena denda seperti yang biasa terjadi pada deposito.

Baca Juga: Bingung Investasi? Contohlah Sri Mulyani

Untung Pakai RDPU Tapi….

simulasi reksadana
simulasi reksadana

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, RDPU memang merupakan instrumen reksadana yang paling menjanjikan keuntungan. Tetapi, keuntungan yang didapatkan dari reksadana ini lebih kecil dibandingkan tiga jenis lainnya, yaitu saham, campuran dan pendapatan tetap. Secara berturut-turut, ketiganya menjadi peraih hasil keuntungan terbesar.

Singkatnya, RDPU merupakan instrumen reksadana yang paling aman bagi siapapun yang mau terjung ke dunia investasi. Keuntungan dan kerugian yang kecil menjadi alasan utamanya. Sebab, apabila seseorang bermain investasi di ranah yang profil resikonya besar, kemungkinan mereka bisa saja syok sebab belum bisa menebak keadaan untuk melakukan investasi.

Yang patut diingat pula, RDPU bukanlah jenis investasi yang bagus untuk dibuat dalam jangka panjang. Kenapa? karena keuntungan yang dihasilkan kecil. Jika melakukan perhitungan sederhana, RDPU hanya akan menghasilkan return yang besar apabila kamu berani melakukan investasi yang besar pula.

Tetapi balik lagi, jika kamu berani menaruh uang yang besar, sayang sekali hanya berinvestasi di RDPU. Sebab, lebih baik bermain di ranah yang lebih menguntungkan seperti reksadana campuran ataupun saham. Apakah kamu mempunyai pertanyaan mengenai instrumen reksadana ini? Tinggalkan jejak di kolom komentar ya!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer