reksadana saham terbaik

Reksadana Saham Terbaik: Bibit.id vs Ajaib, Kamu Pilih yang Mana?

5
(2)

Dulu, sebagian orang sepakat jika menabung adalah cara terbaik untuk mencapai suatu tujuan di masa depan. Saat ini, menabung sudah dianggap kurang efektif sebab semakin banyak produk finansial yang memberikan insentif menarik dalam bentuk lebih, semisal investasi, deposito dll.

Dalam beberapa tahun terakhir, investasi reksadana sangat naik daun dan hal tersebut bisa terlihat dari semakin banyaknya pihak penyedia aplikasi reksadana. Di Indonesia sendiri, ada puluhan bahkan ratusan reksadana yang bisa ditemukan, dan bahkan sebagian besarnya sudah masuk ke dalam ranah digital.

Melakukan investasi reksadana saat ini sangat mudah dan murah. Mudah karena bisa ditemui di aplikasi dalam smartphone. Murah karena semua orang bisa mulai melakukan penabungan, mulai dari 10 ribu rupiah hingga berapapun nominal yang diinginkan. Semuanya relatif, tergantung lagi kepada kebijakan sang pemilik.

Jika kamu belum paham mengenai apa yang dimaksud dengan investasi reksadana, kamu bisa klik artikel di bawah ini sekaligus mencari tahu lebih banyak mengenai jenis-jenis yang populer di Indonesia!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Reksadana Online Terpercaya dan Paling Ekonomis

Lebih lanjut, aplikasi reksadana banyak sekali beredar di smartphone. Jika ditanya mengenai mana reksadana saham terbaik? Jawaban setiap orang pastinya berbeda-beda. Namun pada umumnya, semua investasi reksadana itu bagus asalkan mereka sudah tercatat di dalam regulator pelaksana yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pada intinya, jika kamu ingin mulai menabung saham, kamu bisa memilih reksadana online manapun asalkan di bawah naungan OJK. Apabila kamu memilih untuk tidak memakai di bawah OJK, ada kemungkinan itu merupakan aplikasi yang kurang diakui di Indonesia.

Pada artikel ini, Duitku akan sedikit membahas dua aplikasi reksadana yang ada dan sudah lazim dipakai yaitu Bibit dan Ajaib. Artikel ini ditujukan bukan sebagai perbandingan melainkan memberikan referensi bagi kamu, terutama para pemula, yang ingin terjun langsung bermain di ranah investasi, khususnya reksadana.

Reksadana Saham Terbaik: Bibit vs Ajaib

simulasi reksadana
simulasi reksadana

Bibit dan Ajaib bisa dibilang merupakan ‘pemain’ baru dalam dunia investasi reksadana di Indonesia sebab mereka sama-sama dirilis pada tahun 2019. Di Indonesia, Bareksa bisa dibilang menjadi aplikasi reksadana yang paling banyak diminati sebab mereka sudah ada sejak beberapa tahun silam dan digunakan pula oleh ribuan bahkan puluhan ribu orang.

Baca Juga: Dana Reksa Terpopuler Indonesia

Bibit dan Ajaib sama-sama menggunakan Teori Markowitz yang mana memudahkan para penanam uang. Sebab, mereka tidak perlu ribet lagi menentukan produk reksadana apa yang akan dipilih karena akan diwakilkan oleh Manajer Investasi yang bertugas sebagai penanggung jawab atas semua reksadana kamu.

Singkatnya, manajer investasi akan menyebar uang pembelian reksadana ke beberapa produk reksadana berbeda. Diversifikasi tersebut dilakukan agar kerugian yang didapatkan dari sebuah produk akan bisa ditutupi oleh produk lainnya. Namun pada sisi lain, hal tersebut juga bisa membuat keuntungan menjadi lebih kecil.

Bisa dibilang, model reksadana ini dilakukan memang untuk para pemula yang memiliki profil resiko sederhana. Lantas, apa perbedaan antara Bibit dan Ajaib? Manakah yang paling direkomendasikan? Dan, manakah yang memberikan opsi pembelian reksadana paling murah?

Ajaib

Bibit, Aplikasi Reksadana
Bibit, Aplikasi Reksadana

Aplikasi reksadana pertama adalah Ajaib yang disokong oleh suntikan dari banyak investor, seperti Softbank dll. Dengan begitu, tidak perlu diragukan lagi Ajaib menjadi salah satu aplikasi reksadana yang sangat direkomendasikan untuk para pemula. Fyi, usia dari Ajaib sendiri belum setahun karena mereka dirilis Februari 2019.

Walaupun masih terbilang muda, sudah ada banyak orang yang menggunakan Ajaib. Yang paling terpenting, mereka sudah berada di bawah awasan OJK sehingga mereka sudah dianggap cukup terpercaya. Lantas, bagaimana dengan sistem yang berada di dalamnya?

Dilansir dari adriansiaril.com, Ajaib memberikan kemudahan bagi para pengguna, terutama yang pemula, dalam memulai investasi reksadana. Sebab, Ajaib mengubah term ‘CIMB Index 30’, ‘Trim Dana Tetap’ dan ‘Brawijaya Berimbang Tetap’ menjadi ke bahasa yang lebih sederhana.

Ketiga term tersebut diubah menjadi ‘Saham Terbaik Menurut Ahli’, ‘Obligasi Terbaik Menurut Ahli’ dan ’30 Saham Terbesar di Indonesia’. Hal tersebut tentunya membuat para pengguna menjadi lebih nyaman dalam menggunakan Ajaib, lagi-lagi terutama untuk para pemula.

Dari sisi kemudahan, Ajaib tentu bisa dibilang sangat bagus. Namun bagaimana apabila membicarakan tentang kelengkapan produk? Hingga berita ini diturunkan, Ajaib telah mempunyai puluhan jenis berbeda. Mulai dari 8 jenis reksadana, 10 reksadana obligasi, 18 reksadana saham dan 6 reksadana syariah.

Jika membicarakan biaya penanaman modal, Ajaib terbilang sangatlah murah karena bisa dimulai dari 10 ribu rupiah. Hal ini tentunya sangat cocok untuk pemula yang baru ingin memulai investasi reksadana. Klik disini buat langsung menuju ke websitenya.

Baca Juga: Cara Daftar Reksadana di Bibit.id dan Investasi dengan Modal 100 Ribu

Bibit

cara daftar investasi reksadana bibit.id
cara daftar investasi reksadana bibit.id

Bibit sebenarnya sudah ada sejak 2 tahun lalu. Namun, mereka kemudian diakuisisi oleh Stockbit dan dirilis ulang pada awal tahun 2019. Mereka menjadi salah satu aplikasi reksadana yang cukup terpercaya di Indonesia sebab sangat mudah untuk menggunakannya apalagi mereka bisa menggunakan saldo via Gopay by Gojek.

Lebih lanjut, Bibit.id mewajibkan setiap pengguna mereka untuk menulis data diri secara lengkap demi kelancaran dalam investasi reksadana. Salah satu data yang harus diisi adalah besaran gaji perbulan yang didapatkan. Hal itu tentunya dimaksudkan agar bisa mengantisipasi untuk kejadian yang tidak diinginkan ketika sudah bergabung.

Bibit.id menggunakan manajer investasi sehingga kamu tidak perlu pusing lagi memilih jenis produk apa yang seharusnya diinvestasikan. Kemudian, nantinya jumlah uang yang ditanamkan ke dalam reksadana akan disebar ke tiga jenis reksadana yakni saham, uang dan pasar modal.

 

Besaran dari persebaran reksadana akan ditentukan berdasarkan profil resiko masing-masing. Ada yang low, medium ataupun high. Semuanya bisa diatur berdasarkan keinginan kamu sendiri sebagai pengguna Bibit.id. Dengan begitu, kamu juga bisa menghitung besaran nilai yang didapatkan di masa depan.

Kurang lebih itu dia dua profil mengenai reksadana saham terbaik di Indonesia antara Bibit.id dan juga Ajaib. Setelah melihat ulasan sedikit mengenai kedua reksadana saham terbaik di atas, mana yang akan kamu pilih? Tulis komentar kamu di bawah ini ya!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer