Reksadana Tokopedia Amankah

Reksadana Tokopedia Amankah?

0
(0)

Pada Maret 2018, Tokopedia resmi meluncurkan produk Reksadana mereka yang dinamakan Reksadana Tokopedia. Hingga Januari 2019, Tokopedia telah mencatatkan pertumbuhan yang positif pada produk reksadana mereka. Pertumbuhan tersebut tumbuh 15 kali lipat dari awalnya seperti dilansir dari Markeeters.

Baca juga: Reksadana saham terbaik, Bibit.id vs Ajaib, kamu pilih yang mana?

Minat masyarakat untuk membeli reksadana Tokopedia terlihat sangat besar. Jumlah pembelian di Oktober 2018 mampu menyamai jumlah pembelian reksadana yang ada di 5 bulan pertama. Meski populer, masih ada banyak orang yang skeptic terhadap reksadana ini. Mereka ragu apakah aman atau tidak. Untuk itu, Duitku akan membahas lebih dalam apakah Reksadana Tokopedia aman atau tidak.

Analisis Reksadana Tokopedia

Untuk melihat apakah Reksadana ini aman atau tidak, kita akan membedahnya dari beberapa faktor seperti resiko investasi, layanan yang diberikan, serta apakah sudah diakui oleh OJK atau belum.

  • Resiko investasi
    Bicara soal resiko, kita harus tahu kalau Tokopedia hanya berposisi sebagai Platform saja atau perantara. Resiko investasi hanya ditentukan oleh jenis investasi yang dipilih serta manajer investasi yang dipilih. Semakin tinggi keuntungan dari investasi yang kita pilih maka, semakin tinggi pula resiko yang didapatkan. Selain itu, manajer investasi juga berperan penting dalam mengatur investasi kita sehingga, penting bagi kita untuk memilih manajer investasi yang baik.
  • Layanan
    Bisa dibilang, Reksadana yang ada pada marketplace seperti Tokopedia memberikan layanan yang menarik. Soal layanan, Tokopedia dan marketplace akan menyuguhkan produk yang sama dengan yang ditawarkan oleh platform Reksadana lainnya. Tapi, Tokopedia hanya menyediakan layanan Pasar Uang Salah satu keunggulan yang paling menonjol adalah, pencairan uang yang cepat dan hanya memakan hitungan jam saja di jam kerja. Selain itu, adanya kode promo juga membuat orang-orang lebih tertarik untuk berinvestasi di Tokopedia.
  • Terdaftar atau tidak di OJK
    Tenang, Tokopedia telah terdaftar di OJK. Tidak percaya? Silahkan lihat screenshot dibawah ini.

    Tokopedia telah terdaftar di OJK
    Tokopedia telah terdaftar di OJK

    Tips penting: Untuk memilih platform reksadana terbaik, cukup lihat di website OJK pada link ini agar terhindar dari investasi bodong.

Kesimpulan

Marketplace seperti Tokopedia telah berkembang pesat. Dari yang awalnya hanya sebuah marketplace saja, mereka telah mengembangkan layanan mereka dengan membuka sektor baru di bagian investasi reksadana. Yang perlu diketahui adalah, Tokopedia hanya platform dan bukan Manajer Investasi.

Baca juga: Cara investasi reksadana bagi pemula 2019

Keberadaan Tokopedia bisa memberikan kemudahan bagi Anda untuk berinvestasi sehingga, Anda tidak perlu memilih platform investasi lagi. Selain itu, adanya kode-kode promo bisa memberikan keuntungan bagi Anda.

Bicara soal aman atau tidak, Tokopedia 100% aman karena sudah diakui oleh OJK dan bekerjasama dengan Bareksa, agen Reksadana terkemuka dan terpercaya di Indonesia.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer