Return Saham, Defisini dan Cara Mendapatkannya

0
(0)

Pada saat main saham, Anda pasti mengenal sejumlah istilah seperti return saham. Return adalah hasil yang diperoleh dari investasi dalam jangka waktu tertentu. Hasilnya bisa jelek atau bagus tergantung jenis saham yang Anda pilih.

Para pemain saham harus mengetahui hal ini agar dapat melihat hasil dari investasi saham yang telah mereka lakukan dalam jangka waktu tertentu. Berikut ini, akan dijelas lebih dalam mengenai definisi return saham dan cara untuk mendapatkannya.

Return saham belum tentu untung

Banyak yang menyangka jika return adalah sebuah keuntungan yang didapatkan setelah berinvestasi dalam jangka waktu tertentu. Padahal, hal ini menunjukkan hasil baik buruk atau bagus yang telah diterima oleh si pelaku investasi dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga: Pemula susah buat keputusan investasi? berikut tipsnya

Hasilnya akan terlihat setelah melakukan perhitungan berdasarkan rumus perhitungan yang sering diberlakukan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jumlah yang akan didapatkan serta langkah yang harus dilakukan.

(PT-PT-1)/PT-1

PT = harga saham pada periode T

PT-1 = harga saham pada periode sehari sebelumnya T

Untuk IHSG, Anda bisa menghitungnya dengan menghitung return yang didapatkan dalam sehari dan rata-rata yang didapatkan dalam setahun. Setelah itu, Anda bisa mengetahui apakah Anda untung atau tidak.

Biasanya, saham-saham yang ada di IHSG telah memiliki laporan yang bisa Anda lihat secara bebas disana. Dengan begitu, hal ini membantu para pelaku untuk membuat keputusan dalam mendapatkan untung disana.

Tips untuk mendapatkan return saham yang menguntungkan

Dalam bermain saham, ada kecenderungan yang dilakukan oleh orang-orang yang justru menjerumuskan mereka kedalam kegagalan. Pengambilan keputusan berdasarkan emosi semata justru dapat membawa kegagalan.

Untuk itu, ada 2 hal yang harus dilihat, pengetahuan dan psikologi. Pelaku investasi harus memiliki pengetahuan yang cukup dalam bermain saham agar mereka tahu akan langkah yang harus dibuat dalam mengambil saham.

Baca juga: Investasi saham untuk pemula, apa dan bagaimana?

Selain itu, keadaan psikologi juga menjadi hal terpenting dalam pengambilan keputusan. Anda tidak bisa asal dalam mengambil keputusan hanya karena nilai saham yang anjlok. Tetap bersikap tenang menjadi kunci penting agar membantu Anda dalam mendapatkan hasil yang diinginkan.

Investor sukses dunia, Warren Buffet mengatakan bahwa

Be greedy when others are fearful and be fearful when others are greedy

Quote diatas menunjukkan bahwa pelaku investasi saham harus bijak dalam mengambil keputusan. Jangan membuat keputusan hanya karena gegabah. Biasanya, pelaku saham justru membuat investasi ketika mendengar sentiment negatif yang tidak jelas. Nyatanya, saham tersebut justru dapat membawa untung yang besar. Karena itu, Anda harus lebih jeli dalam melihat keadaan agar bisa mengambil return saham yang menguntungkan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer