simulasi reksadana

Investasi 300 Ribu/Bulan, Segini Simulasi Reksadana yang Didapatkan!

0
(0)

Simulasi reksadana- Investasi. Kata tersebut dulunya hanya digunakan oleh mereka yang sudah mapan secara finansial. Atau setidaknya, investasi dilakukan oleh mereka yang telah menikah untuk merencanakan masa depan yang lebih jelas dan terarah.

Akan tetapi, perkembangan teknologi dan jaman mengubah itu semua. Investasi menjadi sebuah gaya hidup yang bisa dilakukan oleh siapapun. Bentuk investasi yang beragam juga menjadi daya tarik tersendiri, sebab kamu bisa memilih sendiri profil resiko investasi.

Profil resiko investasi adalah besaran ‘level’ resiko yang akan diterima. Di dalam dunia investasi, ada 3 jenis yaitu konservatif (rendah), moderat (sedang) dan agresif (tinggi). Semakin tinggi profil resiko, semakin tinggi pula fluktuasi yang akan didapatkan.

Jenis investasi

reksadana syariah
reksadana syariah

Terdapat banyak sekali jenis investasi yang bisa dipilih oleh masyarakat. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa baca artikel di bawah ini.

Baca disini: 3 Jenis Investasi Jangka Pendek Untuk Karyawan Gaji UMR

Dari sekian banyak jenis investasi yang ada di Indonesia, reksadana menjadi jenis yang paling ‘ramah’ bagi para pemula. Kenapa? Jawabannya sederhana, yaitu resiko kerugian yang didapatkan lebih kecil dibandingkan jenis-jenis lainnya seperti artikel di atas.

Karena resiko kerugian yang lebih kecil, hal tersebut juga berpengaruh atas keuntungan yang sama-sama kecil. Namun, seperti kata pepatah “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”. Kamu bisa mendapatkan hasil besar dari reksadana apabila rajin melipatgandakan investasi tersebut.

Memilih reksadana

Aplikasi Bibit.id
Aplikasi Bibit.id

Let’s say, kamu telah memilih untuk menggunakan reksadana sebagai jembatan awal berinvestasi. Lalu, apa yang harus dilakukan? Ya, mencari aplikasi reksadana yang tepat. Saat ini, ada banya aplikasi yang bisa kamu temukan di playstore ataupun appstore.

Satu hal yang pasti. Untuk memilih reksadana yang tepat, kamu harus melihat apakah aplikasi tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum. Sebab, hal itu menjadi ‘lisensi’ keabsahan sebuah reksadana di Indonesia.

Beberapa aplikasi menerapkan besaran dana yang berbeda untuk melakukan investasi. Yang termurah, ada yang menawarkan mulai dari 10 ribu rupiah. Namun, dari jumlah uang tersebut, kamu tidak boleh berharap keuntungan (return) yang besar. Karena semuanya sudah ada simulasi reksadana perhitungannya.

Baca disini: 4 Jenis Investasi Yang Menguntungkan dan Populer di Indonesia

Simulasi reksadana

Investasi
Investasi

Jangan berbicara mengenai uang 10 ribu untuk melakukan investasi. Di bawah ini, saya akan melakukan simulasi perhitungan reksadana dengan jumlah uang 300 ribu/bulan. Dengan jumlah tersebut, berapakah return yang bisa didapatkan jika kamu menerapkan target pengambilan dalam waktu 5 tahun (60 bulan).

Beberapa aplikasi telah memiliki kalkulator simulasi reksadana perhitungan. Namun pada saat ini, saya akan menggunakan kalkulator milik Bareksa, salah satu perusahaan investasi yang cukup terkemuka di Indonesia. 

Dalam simulasi reksadana perhitungan ini, saya akan mencoba memasukkan 5 top reksadana dengan return tertinggi. Hitungan-hitungan ini bersifat prediksi, artinya bisa saja berubah sesuai dengan reksadana apa yang telah kamu beli.

Lihat kelima gambar kelima reksadana di bawah ini:

reksadana
reksadana

Jika mengambil rata-rata dari return kelima reksadana yang ada di atas, angka yang didapatkan adalah 74.43%. Setelah mendapatkan taksiran keuntungan yang didapatkan, kamu bisa memasukkannya ke dalam kalkulator simulasi reksadana perhitungan seperti disini.

Hasil yang didapatkan adalah:

kalkulator reksadana
kalkulator reksadana

Kesimpulannya:

Apabila kamu mengambil reksadana saat ini dengan dana 300 ribu/bulan. Jumlah total yang kamu dapatkan dalam 5 tahun ke depan adalah sekitar 26 juta rupiah. Angka tersebut tentunya lebih besar dibandingkan hanya dengan menabung seperti biasa.

Perbandingannya, jika menabung 300 ribu dalam waktu 5 tahun, uang yang didapatkan adalah 18 juta rupiah sedangkan reksadana lebih dari 26 juta rupiah. Namun, ada beberapa catatan yang harus kamu garis bawahi:

  1. Jumlah pendapatan tersebut hanya sebatas perkiraan.
  2. Keuntungan tersebut didapatkan apabila profil resiko sedang.
  3. Mencari investasi reksadana di tempat yang tepat.

Apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai investasi reksadana? Tulis jawabannya di kolom komentar ya!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer