Manajer Investasi, Apa itu dan Kenapa Ini Penting?

0
(0)

Topik belajar investasi kita hari ini seru karena, kita akan melihat fungsi dari manajer investasi (MI). Dalam reksadana, kita menyerahkan uang yang kita punya kepada manajer untuk mengatur uang kita agar berkembang.

Baca juga: Peluang investasi saham dan obligasi 2020

Apa saja tugas serta pengaruh MI dalam reksa dana? Kita akan melihat lebih dalam hal tersebut lewat penjelasan dibawah ini.

Peran Manajer Investasi Dalam Reksa Dana

Fungsi manajer investasi adalah untuk mengatur investasi reksa dana yang Anda miliki. Reksa dana merupakan kumpulan uang dari berbagai investor yang ada dan dikelola secara Bersama dalam portfolio investasi. Portfolio tersebut dikelola oleh MI.

Baca juga: Belajar investasi, perhiasan vs emas mana yang lebih untung?

Dalam pengelolaannya, MI menjalankannya berdasarkan kebijakan investasi yang telah disetujui oleh investor pada prospectus reksa dana saat melakukan pembelian. Proses tersebut meliputi beberapa langkah seperti:

  • Memilih dan memutuskan saham/obligasi/surat berharga/deposito yang akan dibeli
  • Memutuskan kapan saham/obligasi akan dijual atau dilepas
  • Berapa banyak uang yang harus disimpan

Setelah menentukan semuanya, MI juga wajib melakukan perhitungan dan pelaporan hasil investasi kepada investor. Biasanya, pelaporan akan dilakukan pada setiap hari.

Bagaimana mengetahui bagus atau tidaknya seorang MI

Setiap investor reksa dana berharap untuk mendapatkan MIi yang bagus. Dalam menentukannya, ada beberapa faktor yang harus dilihat untuk menentukan bagus atau tidaknya MI lewat faktor-faktor berikut:

  • Izin
    Setiap MI harus memiliki izin dalam membuka usaha mereka. Tanpa izin, bisa dipastikan kalau MI tersebut bodong sehingga harus segera dilaporkan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti penipuan.
  • Pengalaman
    Pengalaman memang menjadi tolok ukur kemampuan seseorang dalam bekerja. Dalam hal MI, Anda bisa mengunjungi prospectus reksadana yang ada pada sub bagian MI. Disana, Anda bisa melihat mengenai riwayat pekerjaan dari sang MI.
  • OJK
    Jangan lupa untuk mengecek nama MI yang menangani keuangan Anda di OJK. Dalam situs OJK, Anda bisa melihat siapa saja MI yang telah terdaftar disana. Anda bisa mengeceknya disini https://ojk.go.id/Default.aspx dan melihat apakah nama MI tesebut ada dalam daftar.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer