Lebih Baik Cicil Rumah atau Kontrak Rumah?

5
(2)

Salah satu kegelisahan yang dialami oleh kaum milenial zaman sekarang adalah, lebih baik cicil rumah atau kontrak rumah? Anak muda memimpikan untuk memiliki rumah. Namun, membelinya tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena perlu menyediakan uang dalam jumlah yang sangat banyak.

Masalah ini juga semakin besar bagi mereka yang tinggal di daerah kota besar. Sempitnya lahan tempat tinggal serta tingginya nilai tanah dan bangunan membuat harga rumah semakin sulit. Karena itu, ada banyak pertimbangan yang dipikirkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Berikut hal-hal yang harus kamu ketahui tentang hal itu.

Baca juga: Ragam cara menabung zaman old yang masih dilakukan 

Sebelum cicil rumah, pikirkan dulu apa yang harus Anda siapkan

Menurut Chief Economist & Investment Strategist PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Katarina Setiawan, ada 2 faktor yang harus dipikirkan

  • Faktor finasial
    Faktor finansial melingkupi beberapa hal seperti harga pasaran rumah saat ini dan sesuai daerah tempat tinggal Anda, tingkat suku bunga pinjaman KPR dan kondisi keuangan Anda.
  • Faktor non-finansial
    Faktor non-finansial berhubungan dengan usia, rencana Anda kedepannya dan juga lingkungan yang Anda inginkan.

Dengan faktor-faktor diatas, Anda bisa membuat perencanaan terkait langkah yang ingin Anda lakukan. Jika Anda sanggup maka, Anda bisa membeli rumah dan jika tidak bisa, Anda bisa memulainya dengan mengontrak rumah lebih dulu sambal menabung untuk mencicil rumah.

Baca juga: Investasi bodong dan bagaimana cara menghindarinya

Keuntungan dan kelemahan cicil rumah

Jika Anda memutuskan untuk mencicil rumah, ada beberapa keuntungan dan kelemahan yang juga bisa Anda rasakan. Keuntungan yang bisa didapat adalah, itu bisa menjadi investasi jangka panjang bagi Anda dan keluarga. Menurut Katarina, nilai rumah setiap tahunnya akan naik dan bisa Anda manfaatkan untuk menjual rumah Anda. Selain itu, rumah tersebut akan mejadi tempat tinggal jangka panjang.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda sadari. Anda harus menyiapkan dana untuk notaris, appraisal, asuransi, dan hal lainnya. Bukan itu saja, ada dana tambahan yang juga harus disiapkan jika Anda ingin memperbaiki atau menambah beberapa elemen dalam rumah agar sesuai dengan keinginan.

Keuntungan dan kelemahan kontrak rumah

Setelah mengetahui apa saja kelemahan dan keunggulan yang bisa Anda rasakan jika mencicil rumah, bagaimana dengan mengontrak rumah? Apakah keuntungannya sama atau bisa saja Anda malah akan rugi?

Lain halnya dengan membeli rumah, Anda tidak akan kerepotan dalam menyiapkan berbagai macam biaya. Dalam hal ini, Anda hanya perlu memikirkan biaya kontrak rumah pertahun atau bulan serta biaya listrik atau air.

Kelemahannya, Anda tidak memiliki investasi jangka panjang untuk diri Anda. Selain itu, Anda tidak bisa mengubah tampilan rumah karena, rumah yang ada bersifat kontrak dan bukan menjadi milik Anda sepenuhnya.

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer