4 Kesalahan Dalam Investasi Emas Yang Harus Dihindari

0
(0)

Investasi emas menjadi salah satu jenis investasi yang disukai oleh banyak orang. Selain mudah dilakukan, investasi ini juga mendatangkan banyak keuntungan karena, nilai emas yang naik setiap tahunnya.

Meski terdengar menguntungkan, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang saat melakukan investasi ini. Untuk itu, ketahui 4 kesalahan yang sering terjadi saat investasi emas agar kamu terhindar dari masalah tersebut.

Baca juga: Lebih untung reksadana pendapatan tetap atau untuk bisnis?

Tidak punya tempat penyimpanan yang memadai

Kesalahan pertama yang kerap dilakukan orang-orang adalah tidak punya tempat untuk menyimpan emas. Emas bisa dibawa kemana-mana dan mudah untuk dipindahkan sehingga, emas mudah untuk dicuri.

Karena itu, sediakan tempat penyimpanan yang memadai untuk menyimpan emas. Dalam hal ini, sediakan brankas untuk menyimpan emas agar emasmu aman. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan emas yang kamu miliki didalam bank atau pegadaian.

Baca juga: Tips belanja online agar tidak boros 

Tidak membandingkan harga emas

Sebelum membeli emas, bandingkan harga emas di pasaran terlebih dahulu. Biasanya, harga emas akan diinformasikan setiap bulannya. Setelah itu, kamu bisa melihat harga-harga emas dan mulai membandingkan harganya.

Selain soal harga, kamu juga harus melihat penjual emas yang terpercaya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan harga terbaik dari penjual yang terpercaya. Tentunya, hal ini untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan seperti harga yang terlalu mahal dan penipuan.

Tidak memeriksa kemurnian emas

Emas batangan memiliki tingkat kemurnian yang harus diketahui. Semakin murni maka, nilai emas akan semakin mahal. Karena itu, setiap orang harus memeriksa tingkat kemurnian emas sebelum mereka membeli atau mulai investasi emas.

Dengan mengetahui nilai kemurnian emas, kamu bisa tahu nilai jual emas suatu waktu karena, hal itu menjadi sebuah informasi penting yang harus kamu ketahui saat hendak menjual emas yang kmau miliki di masa yang akan datang.

Tidak memiliki tujuan yang pasti dalam investasi emas

Pada umumnya, orang-orang hanya membeli emas untuk pamer. Hal ini salah karena, emas memiliki manfaat lainnya sebagai barang investasi. Karena itu, kamu harus memandangnya dari sisi lain karena, emas bisa digunakan sebagai salah satu benda yang diinvestasikan dan mendatangkan untung dalam jumlah yang besar.

Karena itu, pasanglah tujuan yang pasti untuk berinvestasi emas karena, banyak faktor bisa membuat kamu berubah termasuk harga emas yang tidak bisa ditebak. Dengan tujuan yang pasti, kamu pasti bisa konsisten dalam melakukan investasi emas.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer