Investasi Jangka Panjang vs Investasi Jangka Pendek, Mana yang Menguntungkan

5
(3)

Menginjak usia 25 tahun, Roni dihadapkan pada 2 pilihan yang membuatnya bingung, investasi jangka panjang atau jangka pendek ya? Karena bingung, Roni mencoba mencari informasi mengenai keduanya di Internet.

Hasilnya nihil, ia tidak dapat menemukan jawaban yang pasti karena, keduanya memiliki nilai positif dan negatif. Mungkin, tidak hanya Roni yang sedang galau dalam memikirkan mana investasi yang cocok buat dirinya. Bisa saja kamu, teman kamu, dan orang-orang lainnya juga memikirkan hal yang serupa.

Baca juga: 3 investasi jangka pendek untuk karyawan dengan gaji UMR

Perbandingan investasi jangka panjang dengan investasi jangka pendek

Sebelum memilih model investasi yang cocok buat Anda, cari tahu soal tipe yang tepat dengan melihat apakah investasi tersebut memiliki jangka waktu yang panjang selain itu, apa saja hal yang perlu Anda persiapkan.

Baik investasi dalam jangka waktu yang panjang maupun pendek memiliki keunggulannya sendiri. Karena itu, Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginanmu. Berikut perbedaan investasi dalam jangka waktu yang panjang dan jangka pendek yang harus Anda ketahui.

Faktor Pendek Panjang
Waktu Kurang lebih dari 1 tahun Lebih dari satu tahun dan bisa bertahun-tahun
Resiko Besar Konsisten
Kebutuhan Cocok untuk yang membutuhkan dana cepat Cocok untuk semua orang yang ingin mempersiapkan dana darurat di masa depan
Inflasi Lebih mudah terkena inflasi Nilai angka yang stabil membuat investasi ini tidak susah terkena inflasi.

 

Lewat tabel diatas, Anda bisa melihat bahwa ada 4 faktor yang harus dilihat yakni, waktu, resiko, kebutuhan dan inflasi. Dari keempat faktor tersebut, Anda bisa memilih jenis investasi yang pas sesuai dengan keinginan.

Baca juga: Investasi jangka panjang pengusaha, Pasiva!

Kenapa harus investasi jangka waktu lama?

Ada 2 faktor penting yang harus Anda ketahui kenapa investasi jangka waktu yang panjang merupakan jenis yang tepat bagi Anda.

  • Compounding

Para investor lebih memilih investasi dengan jangka waktu yang panjang karena adanya compounding atau akumulasi yang terjadi pada investasi yang dipilih. Setiap tahunnya, nilai investasi yang dimiliki akan membantu Anda untuk bertambah karena efek tersebut sehingga, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak di waktu yang akan datang.

Keuntungan yang didapat berbeda-beda dan disesuaikan dengan nilai investasi yang Anda bukukan di awal sehingga, hal ini menjadi hal penting yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan yang terbaik dalam investasi ini.

  • Minim resiko

Investasi ini memiliki resiko yang terbilang kecil. Meski ada jenis investasi jangka waktu yang lama dan membutuhkan dana yang besar, hal ini bisa ditanggulangi dengan nilai valuasi investasi yang terus bertumbuh setiap tahunnya sehingga, Anda tetap aman.

Bisa dibilang, nilai valuasi yang ada akan bertumbuh setiap tahun dengan pasti sehingga, Anda bisa mendapatkan manfaat terbaik yang akan Anda rasakan setiap tahunnya.

Dalam memutuskan yang terbaik, penting bagi Anda untuk melakukan yang pas agar Anda bisa mendapatkan dampak yang positif. Karena itu, 2 pertimbangan diatas bisa membantu Anda dalam memilih investasi dalam waktu panjang.

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer