Keputusan investasi

Pemula, Susah Buat Keputusan Investasi? Ini Solusinya!

0
(0)

Dalam berinvestasi, setiap orang perlu membuat keputusan investasi yang tepat. Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan keuntungan dengan memilih investasi yang pas. Namun, hal ini tidak semudah yang dibayangkan.

Baca juga: Reksadana pasar uang, reksadana yang pasti untung, tapi…

Seringkali, banyak pelaku investasi yang kebingungan dan membuat keputusan yang gegabah. Hasilnya, mereka rugi besar. Baik investor besar maupun pemula sama-sama juga pernah membuat kesalahan tersebut. Sejatinya, membuat keputusan dalam investasi tidak sulit. Anda bisa menyimaknya dalam beberapa penjelasan dibawah ini!

Banyak informasi = mudah membuat keputusan investasi? Belum tentu

Investor pemula seringkali mencari informasi yang dapat membantu mereka agar menghindari kesalahan. Mereka mencarinya lewat internet dengan bergabung di grup-grup investasi atau membaca artikel-artikel investasi.

Baca juga: Bingung investasi? investasilah seperti Sri Mulyani

Sayangnya, hal ini justru dapat memicu timbulnya kondisi information overload. Dalam buku berjudul Future Shock yang ditulis oleh Alvin Toffler (1970), ia menuliskan bahwa

Information overload dapat membuat seseorang kesulitan dalam mengambil keputusan karena banyaknya informasi yang ia terima.

Punya banyak informasi mengenai investasi memang bagus, tapi hal ini harus diimbangi dengan pengambilan keputusan yang cepat dan rasional. Jika tidak, orang-orang cenderung akan membuat irrasional decision yang berpeluang untuk mendatangkan kerugian dan return yang rendah.

Hindari gosip dan fokus ke laporan keuangan dan tahunan

Anda harus fokus dalam membuat keputusan investasi agar tidak mudah terkecoh

Hal ini merupakan lanjutan dari poin diatas. Banyak informasi bisa membuat orang overload information. Kebanyakan, mereka akan mendengarkan selentingan gosip mengenai saham yang sedang down atau prediksi mengenai saham kedepannya.

Orang-orang cenderung akan mengambil keputusan berdasarkan emosi mereka, karena mereka khawatir. Keputusan ini salah karena hanya akan melahirkan hasil yang tidak memuaskan. Untuk itu, hindari gosip yang berkeliaran.

Untuk memudahkan Anda dalam mengambil keputusan, Anda bisa mengecek laporan tahunan dan keuangan dari perusahaan. Perusahaan yang sudah go public akan menunjukkan laporannya dan membantu Anda dalam mengambil keputusan.

Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah melihat kondisi sebuah perusahaan. Jika ada perusahaan yang tidak mau transparan, Anda bisa meninggalkan perusahaan tersebut untuk menghindari kerugian yang bisa Anda dapatkan di kemudian hari.

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer