Gaji Habis di Awal Bulan? Ini Tips Mengatasinya!

0
(0)

Gaji Cuma sekedar numpang lewat doang? Banyak cicilan yang harus dibayar tapi bingung caranya karena kamu tidak punya uang yang cukup? Sudah saatnya kamu memperbaiki pengelolaan keuangan kamu agar lebih baik.

Jangan langsung salahkan diri sendiri. Kamu hanya belum tahu cara yang benar untuk mengatur keuangan. Karena itu, penting bagi setiap orang untuk mengetahui cara yang tepat untuk mengorganisir gaji kamu sehingga, kamu bisa tetap berhemat hingga akhir bulan.

Baca juga: Pemeriksaan kesehatan dan tips keuangannya

Buat skala prioritas

Sebelum menghabiskan gaji, kamu harus membuat skala prioritas yang berisi hal-hal yang akan kamu lakukan dalam bulan itu. Urutkan aktivitas kamu mulai dari yang paling penting hingga tidak. Biasanya, hal paling penting atau primer berkaitan dengan kebutuhanmu setiap hari hingga akhir bulan seperti maka, transportasi, pulsa, dan lainnya.

Jangan lupa untuk menyisihkan dana untuk menabung sehingga, kamu bisa punya uang yang pas untuk menabung. Selain itu, lakukan hal ini secara disiplin dan konsisten agar kamu bisa punya dana darurat di masa depan.

Catatan pengeluaran harian

Buatlah catatan harian untuk mencatat pengeluaran apa saja yang terjadi. Kamu bisa melihat hal apa saja yang terjadi dalam sehari. Lihat saja mengenai hal apa saja yang kamu beli mulai dari transportasi, makan dan juga hal lainnya.

Catatan harian membantu kamu untuk mengecek hal-hal yang terjadi dalam sehari. Tentunya, hal ini membantu kamu untuk tahu kemana saja uang kamu sudah dihabiskan dan kamu bisa mengurangi hal-hal yang kurang bermanfaat dan kamu lakukan dalam sehari.

Baca juga: Kartu pra kerja: pengertian dan cara mendapatkannya

Bawa uang tunai secukupnya dalam dompett

Bawalah uang tunai secukupnya dalam dompet. Hal ini bisa mengurangi keinginan untuk membeli hal-hal yang tidak berguna. Untuk itu, lakukan hal ini secara konsisten agar kamu bisa mendapatkan hal yang bermanfaat terutama dalam mengurangi pengeluaran yang tidak penting.

Selain itu, dengan hanya membawa uang secukupnya maka, kamu akan malas ke ATM atau mengisi dompet e-wallet karena, keduanya membutuhkan usaha sehingga, uang kamu akan tetap aman dan kamu tidak akan lagi khawatir akan kehabisan uang.

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer