Millenials, Ini Kesalahan Mengelola Keuangan Yang Harus Dihindari!

0
(0)

Generasi kaum millennials dianggap sering melakukan kesalahan dalam mengelola keuangan. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor seperti masalah komitmen dan ketidaktahuan mereka dalam melakukan pengelolaan keuangan yang benar.

Guna mengatasi hal ini, kamu perlu tahu cara mengelola keuangan yang benar. Berikut ini, cara-cara yang tepat untuk mengelola keuangan agar kamu terhindar dari masalah keuangan dan bisa menyiapkan dana darurat di masa depan.

Baca juga: 4 kesalahan dalam investasi emas yang harus dihindari

Jangan menumpuk utang kartu kredit

Kartu kredit menjadi salah satu masalah yang berkaitan dengan millennials. Pasalnya, banyak anak muda yang mengalami masalah hutang kartu kredit yang menumpuk. Ini disebabkan oleh penggunaan kartu kredit yang salah.

Untuk mengatasinya, kamu perlu memahami penggunaan kartu kredit dengan benar. Jangan gunakan kartu kredit untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan pembayaran barang dengan harga yang diatas kemampuan.

Selain itu, gunakan kartu kredit hanya untuk kebutuhan yang benar-benar penting. Pastikan agar semuanya bisa dibayar mengingat, hal ini mempengaruhi tingkat penilaian institusi ketika kamu hendak mengajukan cicilan mobil/motor serta mengajukan kredit KPR

Tidak punya dana darurat

Kesalahan kedua adalah, kaum millennials tidak punya dana darurat. Mereka tidak menabung untuk keperluan darurat yang bisa terjadi kapan saja seperti, dana untuk kesehatan, dana untuk hal-hal yang penting seperti biaya Pendidikan dan lainnya.

Karena itu, sisihkan sebagian kecil dari penghasilan yang kamu miliki untuk dana darurat. Jangan gunakan dana itu kecuali untuk kebutuhan yang sangat penting. Setelah itu, kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal jika kamu menyimpan dana tersebut hingga waktu yang tepat untuk digunakan.

Baca juga: Tips belanja online agar tidak boros

Belanja setara penghasilan

Kaum millennials dikenal dengan nafsu belanja yang sangat besar. Selain itu, mereka tidak punya pembatas yang dapat menahan mereka untuk tidak belanja berlebihan. Hal ini membuahkan masalah yang baru, masalah pemborosan yang membuat mereka tidak mendapatkan hal-hal yang besar.

Karena itu, buatlah pembatasan akan berapa besaran dana yang harus kamu belanjakan dalam sebulan. Jangan boros dan patuhi Batasan yang telah kamu buat sehingga, kamu bisa melakukan penghematan akan dana yang kamu miliki.

Selain itu, jangan lupa untuk membuat pembukuan terkait apa saja yang telah kamu habiskan dalam seminggu atau sebulan. Dengan begitu, kamu bisa tahu tentang berapa besar uang yang telah kamu habiskan dan hal ini menjadi cara yang tepat untuk mengelola keuangan dengan baik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer