Pemeriksaan Kesehatan dan Tips Keuangannya

5
(1)

Pemeriksaan kesehatan menjadi salah satu agenda utama yang dilakukan orang-orang untuk memeriksa kondisi kesehatan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi tubuh mereka serta masalah kesehatan yang bisa terjadi kapan saja.

Biasanya, hal ini dilakukan dua kali dalam setahun. Dengan begitu, kondisi kesehatan mereka akan tetap terjaga dan sehat. Beberapa orang mungkin tidak berminat untuk melakukannya karena, memakan biaya yang besar. Tapi, hal ini penting untuk dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Untuk itu, kamu perlu mengalokasikan uang yang kamu punya untuk dana pemeriksaan kesehatan. Bagaimana cara mengatur keuangan agar kamu punya dana untuk memeriksa kesehatanmu?

Baca juga: Kartu pra kerja: Pengertian dan cara mendapatkannya

Tentukan jadwal pemeriksaan kesehatan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah buatlah jadwal untuk pemeriksaan kesehatan. Pada umumnya, setiap orang rutin melakukannya dua kali dalam setahun. Namun, ada yang berbeda tergantung kondisi kesehatan mereka.

Dengan mengetahui jadwal pemeriksaan, kamu bisa merencanakan besaran dana yang dibutuhkan untuk melakukan hal itu. Sesuaikan waktu pemeriksaan sesuai dengan kebutuhan dan juga dana yang kamu miliki karena, hal ini memakan biaya yang besar.

Biaya medical check-up

Setelah menentukan jadwalnya, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah alokasikan biaya untuk pemeriksaan. Pada umumnya, setiap rumah sakit memberlakukan biaya pemeriksaan yang berbeda-beda.

Untuk itu, kamu bisa menentukan rumah sakit yang akan kamu datangi untuk memeriksa kesehatanmu. Bandingkan harga pemeriksaan sebelum. Untuk mengetahui dana yang harus kamu keluarkan, kamu bisa mengecek situs dari beberapa rumah sakit yang ada di daerah kamu. Dengan begitu, kamu tahu besaran dana yang harus dikeluarkan.

Manfaatkan promo

Promo tidak hanya berlaku di supermarket atau toko baju saja karena, promo juga bisa berlaku pada rumah sakit. Karena itu, manfaatkan momen ini jika ada promo. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan potongan harga atau keistimewaan lainnya saat melakukan pemeriksaan.

Sebagai contoh, beberapa rumah sakit akan membuat promo pada bulan April karena bertepatan dengan hari Kartini. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk melakukan pemeriksaan karena, akan ada promo spesial berupa potongan harga atau promo lainnya yang menguntungkan.

Selain itu, kamu juga bisa memilih untuk melakukan medical check-up di beberapa rumah sakit yang bekerjasama dengan bank. Biasanya, mereka akan memberlakukan promo bagi pasien yang membayar dengan kartu bank tertentu.

Baca juga: 10+ peluang usaha modal kecil dengan untung jutaan rupiah

Disiplin dan konsisten

Setelah merencanakan semuanya, hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah, kamu harus konsisten dan disiplin dengan apa yang kamu rencanakan. Jika kamu merencanakan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebanyak dua kali dalam setahun maka, kamu harus disiplin untuk melakukannya.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan ini untuk seterusnya. Konsistensi bisa membawa hal positif dalam hidup kamu terutama dalam soal ini. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari masalah kesehatan yang berat dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer